Penyakit maag dan penyakit asam lambung, apakah sama?

Dibaca: 14868 kali  Rabu,24 Juni 2015 | 18:23:22 WIB
Penyakit maag dan penyakit asam lambung, apakah sama?
Ket Foto :

 Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan
Andi, 33 tahun.
Dok, saya masih bingung. Apakah maag itu disebut juga dengan penyakit asam lambung? Sebab banyak info yang saya dengar jika 2 penyakit tersebut adalah hal yang sama. Apakah benar? Terima kasih.

Jawaban
Maag merupakan istilah awam yang sering digunakan Untuk menggambarkan gangguan pada lambung biasanya akan timbul keluhan seperti mual, muntah, nyeri ulu hati, rasa terbakar pada dada, dan gangguan pencernaan lainnya seperti diare. Umumnya keluhan akan teratasi melalui perubahan pola diet menjadi small frequent feeding (sering dalam porsi kecil) dan pembatasan jenis makanan yang terlalu asam, pedas, maupun pemicu produksi asam lambung seperti kopi. Serta jangan lupa untuk menghindari stress berlebihan.

Dijawab oleh dr. Nina Amelia Gunawan

Minggu ini merdeka.com mengusung tema seputar tips puasa. Punya pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Anda ke [email protected] Jangan lupa sertakan alamat akun media sosial Anda juga yah.

Akses pab-indonesia.co.id Via Mobile m.pab-indonesia.co.id
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »