Pendukung Prabowo di Jawa Timur Makin Solid

Pendukung Prabowo di Jawa Timur Makin Solid
Capres Prabowo Subianto

Surabaya, (PAB-Indonesia)--

Pendukung capres Prabowo Subianto di Jawa Timur  tampak makin solid. Meski Cak Imin sudah dipasangan dengan Anies, namun warga NU dan para kyai sepuh tetap koitmen untuk mendukung Prabowo Subianto, pada Pilpres 2024 mendatang. Ketokohan Cak Imin di Jawa Timur tak lebih baik daro Prabowo Subianto, yang teus mendapat dukungan para santri dan kyai se Jawa Timur.

Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis, hasil survei arah dukungan warga NU dan pemilih PKB di Jawa Timur terhadap bacapres pasca deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Hasilnya, warga NU Jatim masih condong memilih Prabowo Subianto meski Cak Imin sudah digandeng Anies sebagai cawapres.

"Mengingat, Jatim merupakan basis terbesar warga NU, dan penentu kemenangan Pilpres sejak 2004. Maka kami melakukan survei pilihan warga Nahdliyin Jatim. Hasilnya warga NU Jatim masih cenderung memilih Prabowo dibanding Anies," kata Peneliti Senior SRS Edwin Abdul saat memaparkan hasil survei di Surabaya, Jumat (15/9/2023).

Dalam survei SRS, sebanyak 41,4% responden yang mengaku warga Nahdliyin di Jatim memilih Prabowo Subianto. Kemudian, 34,3% responden memilih Ganjar Pranowo. Hanya 13,6% responden memilih Anies Baswedan. Namun, masih ada 10,7% responden warga Nahdliyin Jatim yang belum menentukan pilihan.

Edwin kemudian membeberkan survei terhadap pemilih PKB untuk dukungan capres di Pilpres 2024 pasca deklarasi Anies-Cak Imin. Hasilnya, pemilih PKB cenderung memilih Prabowo daripada Anies.

"38,4% pemilih PKB memilih Prabowo. Lalu 34,5% pemilih PKB justru memilih Ganjar. Hanya 18,8% pemilih PKB yang memilih Anies. 8,3% sisanya belum menentukan pilihan," tegasnya.

"Ini mengindikasikan bahwa deklarasi pasangan Anies-Cak Imin tidak mengubah secara signifikan konfigurasi elektabilitas bacapres di Jatim," tambahnya.

Dalam simulasi head to head pun, Edwin menyebut, Prabowo unggul atas Anies maupun Ganjar Pranowo di Jatim meski sudah ditinggal PKB.

"Saat head to head lawan Ganjar angka Prabowo 51,3%, Ganjar 45,2%. Saat di-head to head-kan Prabowo dengan Anies, hasilnya Prabowo 56,8%, Anies 40,1%. Masing-masing ada undicided voters sebesar 3% lebih," jelasnya.

Diketahui, survei SRS dilakukan pada 3 September sampai 12 September 2023 di 38 kabupaten/kota Jawa Timur dengan jumlah responden sebanyak 1.000 orang.

Metode penarikan sample dilakukan dengan multistage random sampling dengan margin of error sebesar 3,1% dan tingkat kepercayaan 95%. Responden yang dipilih terdiri 50 persen laki-laki dan 50% perempuan dengan quality control secara random 20%. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara by phone. (Risha)

 

Berita Lainnya

Index