Babinsa Desa Semawung bersama Warga Mengecek Kondisi Embung

Babinsa Desa Semawung bersama Warga Mengecek Kondisi Embung
Dok. Babinsa Desa Semawung

SURAKARTA,(PAB)----

Anggota Koramil 15/Andong dan petani masyarakat sekitar melaksanakan Pengecekan Embung dalam Penyuplai Pengairan Sawah di Desa Gupaan Rt 09/01 Desa Semawung, Kecamatan Andong. Senin (16/9)

Kegiatan pengecekan embung ini dirasa perlu dilakukan oleh Babinsa Koramil 15/Andong yang merupakan bagian dari tugas pendamping desa dalam upaya khusu pendampingan pertanian sekaligus tanggungjawab sehingga petani dalam melakukan musim tanam tidak terhambat, selain itu juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan agar bisa terlaksana dengan baik.

Babinsa Desa Semawung Sertu Sugiyono  mengatakan, tindakan itu dilakukannya bersama para petani sekitar untuk mengetahui debet/kapasitas air di sepanjang saluran irigasi milik para petani binaannya tersebut.

“kita sweeping ke beberapa saluran irigasi di Desa ini. Apalagi sekarang musim kemarau. Untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan, kita lakukan kroscek debet air di sepanjang saluran irigasi ini,”kata Sertu Sugiyono.

“Debet air di Embung saat ini masih terlihat cukup bahkan, dengan kondisi debet air dengan tinggi 50-60 cm masih bisa dikatakan mampu untuk menghadapi musim kemarau beberapa debet saluran. dengan ukuran seperti itu masih mampu untuk menjaga stabilitas pengairan air di persawahan milik petani,”tutur Sertu Sugiyono menambahkan
 
Babinsa Desa Semawung Sertu Sugiyono  menjelaskan embung tersebut digunakan untuk mengairi sawah pada musim kemarau untuk masyarakat di daerah sekitar Kecamatan Andong.

"Pemanfaatan embung ini juga sebagai salah satu usulan masyarakat sekitar sehingga harus dapat dimaksimalkan fungsinya sebagai penyediaan air irigasi persawahan. Ujar Babinsa Sertu Sugiyono mengahkiri.(Agus Kemplu)

Berita Lainnya

Index