NTB Punya Program Unggulan untuk Lawan Kemiskinan

NTB Punya Program Unggulan untuk Lawan Kemiskinan

 

Mataram (PAB) ----

Dalam usulan RAPBD Tahun 2020 sebagai salah satu visi jangka panjang serta nenengah program unggulan NTB Gemilang Pemprov NTB sekaligus keselarasan prioritas Pembangunan Nasional dilaksanakan dengan mengambil tema "Pembangunan Manusia untuk NTB Tangguh, Mantap dan Lestari", jelas Karo Humas Pemprov NTB Najamuddin Amy didampingi 3 (tiga) narasumber yaitu;  Kepala BAPPEDA Prov. NTB Ir. Wedha Magma Ardhi, MT., Plh. Kepala BAPENDA Prov. NTB Hj. Eva Dewiyani, SP., dan Plt. Kepala BPKAD Prov. NTB Drs. H. Zainul Islam, MM pada Jumpa Pers di RM. Taliwang Nada Jalan Ahmad Yani Mataram, Rabu (21/8).

Menurut Kepala Bappeda Wedha Magma Ardhi, tema tersebut dijabarkan dalam beberapa program prioritas dengan menfalikasikan 41 persen atau 912, 38 miliar dari anggaran belanja langsung RAPBD Tahun Anggaran 2020.

Program unggulan melawan kemiskinan dari desa dialokasikan anggaran sebesar 361 miliar dimana program ini dilaksanakan fokus pada program yang sudah disepakati bersama oleh Pemerintah Provinsi dengan seluruh Kabupaten/Kota. Program tersebut adalah BUMDES, Jamban Keluarga, Rumah Layak Huni, KUBE, Air Bersih, Pengembangan Desa Wisata, Pertanian Konservasi, Kawasan Rumah Pangan, Lestari, Pengelolaan Pengembangan Bank Sampah, Sambungan Listrik Murah dan Hemat, Desa Berdaya Mandiri Pangan, Budidaya Udanf/Motorisasi Nelayan, dan Ketahanan Keluarga. Seluruh program tersebut mengacu pada 100 Desa Miskin dan 99 Desa Wisata sesuai SK Gubernur (No. 050.13-366 Tahun 2019).

Anggaran unruk orogran unggulan infrastruktur sebesar 442,67 miluar antara lain dalam bentuk: Program Pembangunan Jalan dan Jembatan, Rehabilitasi/Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Pengembangan Perumahan, Pengembangan Pemukiman, Pengembangan Ketenagalistrikan, Pengembangan serta Pemanfaatan Energi dan Sumber Daya Mineral, Pencegahan Dini dan Oenanggulangan Bencana, Pembangunan Prasarana Fasilitasi Perhubungan, Pengembangan Transportasi Laut.

Program unggulan Industrialisasi dialokasikan anggaran sebesar 197,76 miliar, yanf digunakan untuk penyediaan bahan baku, pengembangan SDM, teknologi permesinan, lekembagaan, nabajemen dan pemasaran. Rangkaian tersebut tertuang dalam Program: Peningkatan Kapasitas Iptek Sistem Produksi, Pengembangan Industri Kecil dan Menengah, Peningkatan Kemampuan Teknilogi Industri, Kerjasama Pengembangan Sektor Perindustruan, Pebingkatan Mutu dan Produksi Komoditi Unggulan, Peningkatan dan Pengembangan Ekspoe, Penciptaan Iklim Usaha Kecil Menengah Yang Kondudif, Pengembangan Kewirausahaan dan Keunggulan Kompetitif Usaha Kecil Menengah, Oenfembangan Sistem Pendukung Usaha Bagi Usaha Mikro Kecil Mwbengah, Re-engineerinf SNJ, serta Peningkatab Kualitas dan Priduktivitas Tenaga Kerja.

Program unggulan Revitalisasi Posyandu dan Stunting dialokasikan sebesar 77,14 miliar yang terdiru dari Program: Perbaijan Gizi Masyarakat, Peningkatan Peran Perempuan di Pedesaan, Penguatan Kelembagaan Pengausutamaan Gebder dan Anak, Pengembangan Kinerja Pebgelolaan Air Minum dan Air Kimbah, Peningkatan Ketahanan Pangan, Gemar Makan Ikan, Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Media Massa, serta Jaminan Sosial.

Program unggulan Zero Waste dialokasikan anggaran sebesar 31,40 miliar yang terdiri dari Program: Pengembangan Kinerja Pengelolaan Persampahan, Pengembangan Permukiman, Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Peningkatan Kerjasama Pemerintahan, serta Peningkatan Partisuoadi Masyarakat.

Program Unggulan yang direncanakan penerinrah ini guna mewujudkan visi NTB GEMILANG, dimana dalam implementasinya membutuhkan dukungan dan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat dan setiap kevel pemerintahan di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam Jumpa Pers tersebut dipandu Karo Humas dan Protokol Pemprov NTB, Najamyddin Amy, ini juga di bahas Rencana Penerimaan Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2020 dijelaskan Plh. Kepala BAPENDA Prov. NTB Hj. Eva Dewiyani, SP dan Plt. Kepala BPKAD Prov. NTB Drs. H. Zainul Islam, MM. (PR)

Berita Lainnya

Index