PATEN sebagai Barometer Layanan Dokument Kependudukan, Camat Pancur Batu Siap Koordinasi Ke Dinas

PATEN sebagai Barometer Layanan Dokument Kependudukan, Camat Pancur Batu Siap Koordinasi Ke Dinas

DELISERDANG,(PAB)----

Camat Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Drs.David Evrata Tarigan dikantornya Senin 23/7 menyatakan siap berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Deli Serdang dalam pemberdayaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) guna penggiringan berkas permohonan Masyarakat terkait layanan Dokumen Kependudukan. Hal ini dinyatakan David menyikapi pernyataan Kabid. Kependudukan Disdukcapil Kaloko belum lama ini bahwa PATEN sebagai kunci persoalan guna menghindari pembludakan antrian di Dinas.

"Demi peningkatan pelayanan yang lebih, PATEN siap menggiring berkas permohonan Masyarakat dan membangun koordinasi ke Dinas", tegas David.
 

Ditempat dan waktu yang sama tampak Arnold Bukit tokoh masyarakat Deli Serdang yang memberi Apresiasi tinggi terhadap sikap David. Menurut Arnold Pemberdayaan PATEN dalam penggiringan berkas permohonan Masyarakat sama dengan upaya meminimalisir upaya praktek Percaloan dan Rasuah di Disdukcapil.

Kepengurusan dimulai dari surat pengantar  Pemerintah Desa. Alangkah baiknya kalau pelayanan awal hingga akhir hasil permohonan dapat kembali ke Pemerintah Desa. Jadi Desa pun penting terlibat dalam sistem koordinasi", tambah Bukit.

Berdasarkan pengamatan fakta di beberapa desa di Kecamatan Pancur Batu, Kutalimbaru dan Sunggal, tak jarang persoalan korban praktek percaloan ditemukan. Dari itu Bukit  menguatkan komitmen Pelayanan di Disdukcapil sebagai kata kunci persoalan. Dan Bukit meminta agar Kadisdukcapil Deli Serdang Maruzar dapat menertibkan staff di Disdukcapil khususnya operator pelayanan agar tidak tembang pilih layanan dan menerima suap. (AG)

Berita Lainnya

Index