Rangkaian Thaipusam PHDI Kota Medan Melaksanakan Pengangkatan Pal Kudam

Rangkaian Thaipusam PHDI Kota Medan Melaksanakan Pengangkatan Pal Kudam

MEDAN, (PAB)---

Dalam rangka menyambut Perayaan THAIPUSAM yang jatuh dibulan januari setiap tahunnya Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Medan beserta jajarannya mengadakan kegiatan pengangkatan palkudam, yang mana palkudam itu sendiri bagi umat Hindu tamil dipercayai sebagai salah satu prosesi untuk membayar Najar, berupa susu sapi untuk dipersembahkan kepada dewa"MURUGA"

Ada juga diacara ini masyarakat yang bernajar mencukur rambut baik itu perempuan,laki laki,orang tua serta anak anak yang punya najar pada hari yang suci ini lah mereka membayar najarnya.Masyarakat begitu antusias dengan kegiatan ini walaupun kota medan diguyur hujan tidak menjadi penghalang ini tampak dari jam 05.00 warga sudah mulai berdatangan di kuil Muniandi jalan cit ditiro yang berada didaerah pasar muara takus medan. Dari pantauan awak media ini masyarakat yang melaksanakan kegiatan ini secara bersama sama berjalan menuju Sree Soepramaniam Naggaratar Kuil yang terletak dijalan kejaksaan medan.Tepat pukul 08.00 kepala dinas kebudayaan kota medan DRS.OK ZULFI,M.SI mewakili bapak walikota medan MUHAMMAD BOBBY AFIF NASUTION tiba dilokasi kuil Sree Soepramaniam Naggaratar yang 
langsung disambut oleh panitia dan pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Medan yang sudah menunggu kedatangannya.

Kepala dinas kebudayaan kota medan sangat mengapresiasi kegiatan keagamaan ini karena masyarakat yang melaksanakan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Acara ini dihadiri lebih dari 100 orang  memang dibatas mengingat suasana pandemi masih melanda tanah air. 

Ketua parisada Hindu Dharma Indonesia Sumatera Utara "S.SIWAJI  RAJA .ST" sangat mendukung dan memberi Support untuk kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar dan baik. sebelum meninggalkan acara Kadis kebudayaan Kota medan sangat mengapresaiasi acara thaipusam tahun ini dilaksanakan dengan baik dan harapan beliau semoga pandemi ini segera berakhir dari tanah air kita agar kegiatan atau acara keagamaan yang ada di kota medan dan Sumatera Utara dapat dilaksanakan oleh warga kota medan.

Vijay Kumar,S.Pd.MA,mewakili seluruh pengurus dari kuil Sree Soepramaniam Naggaratar Kuil   mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu kegiatan ini sehingga acara ini berjalan dengan lancar dan sukses.
Ketua PHDI Kota Medan abangda Surya, didampingi Sekretaris M. Riswan, M. Psi beserta Bendahara Ir. Subenthiren mengucapkan terima kasih Kepada Panitia dan Masyarakat Hindu yang masih peduli akan keberagaman etnis yang kita cintai ini, Pal Kudam adalah salah satu warisan leluhur dalam membayar nazar yang masih kita lestarikan, kami memohon dukungan masyarakat agar kegiatan ini dalam kita laksanakan setiap tahun nya, bahkan terus adanya peningkatan, ungkap Surya

Sementara Ketua Panitia Sanjiwi, bersama Sekretaris nya Vijayndra dan Bendahara A. Kalidas berterima kasih atas kepercayaan masyarakat dan kawan kawan Pengurus KUIL serta PHDI Kota Medan, Lebih dan kurang dalam pelaksanaan ini akan kami tingkatkan di tahun tahun berikutnya, semoga pandemi segera berakhir dan kita dapat melaksanakan kegiatan Pal Kudam dengan masyarakat yang lebih banyak lagi, pungkas Sanjiwi mengakhiri kegiatan ini. (Rd)

Berita Lainnya

Index