Tingkatkan Ketahanan Pangan Di Masa Pandemi Covid-19, Kodim 0104/Atim Terjunkan Babinsa Jajaran

Tingkatkan Ketahanan Pangan Di Masa Pandemi Covid-19, Kodim 0104/Atim Terjunkan Babinsa Jajaran

ACEH TIMUR,(PAB)---

Pandemi virus Corona hingga saat ini masih terus menghantui. Melalui penyebarannya yang begitu cepat. Virus Corona yang telah meluas ke berbagai belahan dunia membawa dampak pada perekonomian dunia, tanpa terkecuali di negeri Indonesia. Baik dari sisi perdagangan, investasi dan pariwisata, bahkan sektor pangan pun tanpa terkecuali cepat atau lambat jika virus Corona tidak segera teredam atau sirnah tentu saja tidak menutup kemungkinan akan membawa dampak terhadap ketahanan pangan.


Di tengah situasi mewabahnya Pandemi virus Corona hingga saat ini, bisa dipastikan persoalan pangan akan menjadi trending topik isu yang tidak kalah menariknya dengan isu ekonomi domestik dan global. Menjawab persoalan pangan di tengah terpaan pandemi Covid-19 saat ini, tentu peran sektor pertanian akan menjadi garda terdepan untuk memberikan jawaban, "kata Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) saat pelaksanaan rapat bersama Perwira Staf dan Danramil beberapa waktu lalu.


Dalam mengantisipasi hal tersebut, Dandim 0104/Atim memerintahkan para Danramil jajaran untuk seluruh Babinsa turun langsung kelapangan untuk mensosialisasikan dan membantu para petani dalam melaksanakan percepatan ketahanan pangan pada masa pandemi Covid-19 ini.


Menyikapi perintah tersebut Danramil 09/Nurussalam Kapten Inf Noverlan langsung menurunkan Babinsanya Serka Sri Muliono melakukan pendampingan pertanian di Gampong Bukit Merak, Kecamatan  Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur, dengan membantu menyemprot padi seluas 7,5 Rante milik Bapak Salman, guna mengantisipasi serangan hama wereng pada tanaman padi.


Saat dilokasi Serka Sri Muliono mengatakan bahwa, penyemprotan ini dilakukan untuk menjaga tanaman agar terhindar dari hama sehingga pertumbuhannya optimal dan nantinya akan mendapatkan hasil panen yang lebih maksimal, “katanya.


Penyemprotan itu upayakan dilakukan antara pukul 08.00 -10.00 WIB karena pada saat itu air embun pagi sudah menghilang maka pori pori pada daun terbuka sehingga cairan pestisida yang disemprotkan lebih cepat diserap oleh tanaman padi.


Dengan turunnya TNI khususnya Babinsa Koramil 09/Nrs kesawah sebagai pendamping, dapat membuat para petani lebih termotivasi dan bersemangat lagi dalam bertani, “pungkasnya. (Boy)

Berita Lainnya

Index