CPNS 2018, Ini Jumlah yang Lulus di Pemprov Riau serta di Kabupaten dan Kota di Riau

CPNS 2018, Ini Jumlah yang Lulus di Pemprov Riau serta di Kabupaten dan Kota di Riau

PEKANBARU,(PAB)----

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, ini jumlah pelamar CPNS 2018 yang lulus di Pemprov Riau serta di kabupaten dan kota di Riau.

Pelamar banyak gugur dan hampir disemua kabupaten dan kota di Riau minim peserta lulus Tes Kemampuan Dasar (TKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Data sementara, banyak peserta yang langsung gugur, bahkan lebih banyak bila dibandingkan dengan peserta yang lulus.

Mulai dari pelamar CPNS 2018 di Pemprov Riau, pelaksanaan seleksi sudah dilakukan dan jumlah pelamar CPNS 2018 yang lulus sangat minim, sedangkan pelamar CPNS 2018 yang ikut seleksi sangat banyak setiap harinya di atas 300 pelamar.

Pelamar yang lulus  sangat minim pada hari pertama TKD berbasis CAT, hanya 11 peserta dari 321 pelamar yang ikut tes.

Pada hari kedua hanya 18 pelamar lulus dari 389 ikut tes.

Pada hari ketiga, hanya 17 lulus dari 427 pelamar yang ikut tes.

Kemudian, pada hari keempat hanya 26 lulus dari 427 pelamar yang ikut tes.

"Jumlah yang memenuhi passing grade sangat sedikit, dari hasil sementara CAT CPNS untuk Pemprov Riau, "ujar Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan kepada Tribun Kamis (1/11).

Menurut Ikhwan kondisi tidak hanya terjadi di Provinsi bahkan di Kabupaten/Kota juga sama tingkat kelulusan sangat rendah bahkan tidak memenuhi formasi yang sudah ditetapkan.

"Rata-rata daerah hasilnya sedikit yang lulus bahkan tidak mencapai jumlah formasi yang ditetapkan, dan tentu tidak memenuhi formasi, seperti di Meranti formasi 250 lebih namun yang lulus hanya 38 orang, "jelasnya.

Sedangkan adanya kemungkinan formasi tidak terisi karena banyaknya peserta yang tidak lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) tersebut menurut Ikhwan Ridwan semua tergantung kebijakan dari Pemerintah Pusat nantinya.

"Kalau terkait itu semuanya tergantung pusat, karena semuanya yang menentukan masih pusat,"jelas Ikhwan Ridwan.

Sebagaimana diketahui banyak peserta yang terkendala pada Tes Keterampilan Pribadi (TKP) karena standar kelulusan atau passing gradenya menurut Ikhwan sangat tinggi.

"Memang untuk tahun ini passing grade nya cukup tinggi, makanya banyak yang Terkendala, terutama untuk TKP dan sebagian Tes Intelegensi Umum (TIU), "ujar Ikhwan.

Sebagaimana diketahui dalam TKD ini sendiri ada tiga item penilaian yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Kemampuan Pribadi (TKP).

Untuk yang dinyatakan lulus bagi peserta yang mencapai nilai 75 untuk TWK, dan 80 untuk TIU serta 143 untuk TKP.

Seorang peserta yang dinyatakan tidak memenuhi syarat passing grade saat mengikuti CAT CPNS di Pemprov Riau Zulhamdi mengakui sudah maksimal mengikuti seleksi dan bahkan persiapan juga sudah maksimal.

"Namun tuhan berkehendak lain, belum rezeki dan tentu harus ikhlas kita, yang jelas saya sudah maksimal simulasi dan belajar,"ujar Zulhamdi kepada Tribun.

Zulhamdi sendiri mengambil formasi untuk Hukum di Pemprov Riau namun nilainya tidak memenuhi syarat pada Tes Karakteristik Pribadi tidak mencapai nilai 143.

Peserya lainnya Adi Firmansyah yang ditanya Tribun terkait CAT CPNS juga mengaku ikhlas dan saat ujian juga mengaku waktu yang diberikan terlalu singkat, sehingga masih dianggap kurang.

"Kalau saya waktunya yang kurang, harusnya lebih panjang lagi, karena butuh waktu untuk berpikir, "ujarnya.

Sebanyak 52 Orang Lulus Ujian CAT SKD Seleksi CPNS 2018 Pemkab Inhil, Ini Tahapan Selanjutnya

Hari ini Kamis (1/11/2018) merupakan hari terakhir pelaksanaan ujian CAT SKD peserta seleksi CPNS 2018 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) yang di Gelar di Gedung Dang Purnama, Rengat, Indragiri Hulu (Inhu).

Sejak dimulai pada Minggu (28/10/2018), selama lima hari tersebut tercatat total 52 orang peserta yang nilai passing gradenya mencukupi dan lulus ujian CAT SKD dari total 5382 orang peserta yang hadir selama ujian CAT SKD berlangsung.

“Kendala tak ada, aman – aman aja. Passing grade peserta kita kan ya relatif, ya ada kalau yang tidak masuk tu,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Inhil, H. Fauzar, SE, MP kepada Tribuntembilahan.com.

Sebanyak 257 orang peserta dinyatakan gugur karena tidak hadir dalam pelaksanaan ujian CAT SKD dari total 5639 orang peserta yang lulus seleksi administrasi.

Setelah mengikuti ujian CAT SKD ini, di jelaskan Fauzar, selanjutnya peserta yang lulus akan kembali diuji kemampuan bidangnya melalu ujian CAT Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

“SKB sesuai dengan bidang, kalau perawat ya soal perawat. Lebih khusus pada jurusannya, sesuai dengan foemasi jabatan yang dia lamar,” ungkap Fauzar.

Sementara itu mengenai pelaksanaan CAT SKB, menurut Fauzar, BKPSDM Inhil masih menunggu informasi lanjutan dari BKN.

“Setelah ini menunggu informasi dri BKN tentang pelaksanaan SKB, itu tahapannya lagi. Cuma waktu dan tempat belum ada dari BKNnya,” pungkas Fauzar. 

Berita Lainnya

Index