3.346 Ekor Sapi Asal Austarila Tiba di Demarga Belawan

3.346 Ekor Sapi Asal Austarila Tiba di Demarga Belawan
Sapi  asal Australia saat tiba di Dermaga Pelabuhan Belawan, Kamis (13/6/2019).(Foto/Surya Atm) 

BELAWAN,(PAB)---


Sebanyak 3.346 ekor sapi  asal Australia tiba di Dermaga Pelabuhan Belawan, Kamis (13/6/2019). 

Tiga ribuan sapi impor tersebut dibawa dengan kapal Gundali Ekprees yang tiba dari Pelabuhan Darwin Australia dan sandar di Dermaga 103 Ujung Baru Pelabuhan Belawan. 

Dengan sandar kapal Gundali Ekprees di dermaga pelabuhan, petugas Bea dan Cukai Sumatera Utara (Sumut) dan Karantina Hewan memeriksa kelengkapan surat dukumen kepabeanan serta mengecek kesehatan hewan yang diangkut menggunakan jasa angkutan laut tersebut.

Selanjutnya, tiga ribuan sapi itu langsung diturunkan dari kapal untuk dimuat ke truk yang sudah dimodifikasi sebagai pengangkut sapi, dengan sistem truck lossing dari atas kapal
oleh keagenan PT Serasi Shipping Indonesia. 

Menager Umum Pelindo 1 Cabang Belawan, Khairul Ulya, mengatakan, dengan masuknya kapal pengangkut sapi impor tersebut, Pelindo-1 Cabang Belawan selaku pengelola pelabuhan, siap melayani kapal pengangkut sapi tersebut.

"Selain siap melayani juga menyediakan dermaga tempat besandarnya kapal-kapal pengangkut sapi tersebut, kedatangan hewan sapi impor ini juga untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat di wilayah Sumatera Utara," ujar Khairul Ulya menjawab wartawan  lewat telepon selulernya. 

Khairul Ulya menerangkan, seluruh sapi yang berada di Karantina itu akan distribusikan ke Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh. 

"Tiga ribuan sapai impor asal Australia ini, nantinya akan di distribusikan ke Sumut dan Aceh. Kemudian, dibawa ke Kota Kisaran, Tanjung Morawa dan Langkat," ucap Maneger Pelindo l Cabang Belawan

Khairul Ulya menambahkan, kedatangan sapi impor tersebut diyakini dapat menjaga stok dan harga daging sapi di Indonesia khususnya Sumatera Utara pasca lebaran Idul Fitri dan menjalan Idul Adha," pungkasnya (Surya atm)

Berita Lainnya

Index