BPK RI Kunjungi Lanud Soewondo Medan

BPK RI Kunjungi Lanud Soewondo Medan

MEDAN,(PAB)----

Tim dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) melaksanakan kunjungan kerja pemeriksaan penilaian kembali BMN tahun 2017-2018
 di Lanud Soewondo. Rombongan diterima oleh Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey beserta para perwira staf bertempat di ruang Suryadarma Mako Lanud Soewondo. Senin (19/11).

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanud Soewondo dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di Lanud Soewondo  kepada Tim Pemeriksa dari BPK RI yang didampingi oleh Letkol Sus Benidektus dari Itjenau, serta meminta kepada seluruh pejabat dan personel agar mendukung tugas yang dilaksanakan di Lanud Soewondo supaya dapat berjalan dengan baik dan lancar.
                               
Lebih lanjut Danlanud Soewondo menyampaikan bahwa merupakan suatu kehormatan bagi Lanud Soewondo saat ini dapat menerima kunjungan kerja tim BPK RI, selain untuk ajang silaturahmi, kunjungan kerja ini tentunya dapat memberikan masukan sekaligus juga dapat memberikan koreksi terhadap kinerja atas penilaian kembali BMN tahun 2017-2018 di Lanud Soewondo. Kegiatan pemeriksaan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan proses manajemen di Angkatan Udara, oleh karena itu Lanud Soewondo menyambut baik kegiatan pemeriksaan ini, dan  juga  merupakan  salah satu dari aktivitas manajemen yang harus terlaksana dengan baik dan benar, sehingga terwujud mekanisme kerja yang sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku. 

Selanjutnya Danlanud juga menyampaikan bahwa hasil pemeriksaan yang diperoleh akan dijadikan bahan berharga dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan pencapaian tugas dan fungsi yang diembankan kepada Lanud Soewondo. Dengan demikian Lanud Soewondo akan mengetahui kealpaan dan kekurangan dalam melaksanakan salah satu fungsi dan tugasnya selama ini. Dengan pemeriksaan dari tim BPK RI ini, akan diperoleh suatu koreksi,  masukan,  serta  saran terhadap pengelolaan BMN yang telah dilaksanakan oleh Lanud Soewondo, hal ini akan sangat berguna untuk mencapai sasaran yang lebih optimal dalam membentuk dan mendidik Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan.  Danlanud juga menekankan kepada staf atau pejabat terkait yang akan menjadi objek pemeriksaan tim BPK RI, agar dapat manyajikan semua data dan informasi yang   diperlukan   secara transparan dan kooperatif. Hal ini sangat kita harapkan agar nantinya hasil pemeriksaan yang disampaikan oleh tim benar-benar merupakan data akurat yang tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan kesalahan, kata Danlanud.
Dikesempatan yang sama Ketua Subtim IV bapak Asep Mu’min menyampaikan bahwa tujuan Tim BPK RI dalam pelaksanaan pemeriksaan pada prinsipnya ada tiga jenis yaitu: 1. Keuangan; yang bertujuan untuk menilai kewajaran laporan keuangan.  2. Kinerja; yang bertujuan untuk menilai aspek ekonomi, efisiensi atau efektivitas. dan 3. Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT); yang bertujuan untuk memberikan kesimpulan atas suatu hal yang diperiksa. 

Kegiatan pemeriksaan BPK RI di Lanud Soewondo dilaksanakan selama seminggu hingga tanggal 23 November 2018 mendatang ini, dilanjutkan dengan pendalaman materi.(Evi)

Berita Lainnya

Index