Pramuka Harus Siap Terhadap Tantangan Global

Pramuka Harus Siap Terhadap Tantangan Global
Sekda Provinsi Kepri didampingi Bupati Bintan saat acara Pembukaan Kemah BEsar Pramuka Tahun 2018

KEPRI,(PAB)---
Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS. Arif Fadillah mengatakan persaingan antar negara, persaingan global sekarang ini semakin sengit. Kompetisi antar negara sekarang ini semakin menjadi-jadi. Dan jangan lupa bahwa itu merupakan tantangan kita, tantangan antar individu antar negara, tantangan antar SDM-SDM antar negara.

“Kedepan semuanya akan berkompetisi,bersaing, adu kecerdasan, adu kreativitas, adu keterampilan, adu inovasi, adu kecepatan. Itulah tantangan ke depan yang kita hadapi,” Ujar Arif saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Kemah Besar Pramuka Tahun 2018 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bintan di Tembeling Tanjung-Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Jum’at (31/8).

Oleh sebab itu, Arif pada kesempatan ini mengajak kita semua anggota Pramuka untuk menyadari bahwa tantangan-tantangan tersebut telah berada di depan mata. Bagaimana kita beradu cepat dengan negara lain, kalau tidak maka kita akan ditinggal. Bagaimana kita beradu inovasi dengan negara lain, kalau tidak kita juga akan ditinggal.
 
Bagaimana kita beradu kreativitas, kalau tidak kita kreatif maka kita akan ditinggal. “Dengan banyakanya tantangan saat ini, maka kita butuh sebuah fondasi yang sangat kuat sehingga kita akan bisa memenangkan kompetisi itu. Saya meyakini dengan sebuah fondasi karakter yang baik, para anggota Pramuka mampu menatap masa depan, memenangkan persaingan, memenangkan kompetisi, karena basic karakter itu sudah ada,” ucap Arif.

Lebih lanjut Arif mengatakan, kegiatan kepramukaan berupa kemah ini harus terus dilakukan karena memberikan kesempatan berlatih yang menantang dan menyenangkan. Kegiatan ini merupakan salah satu media pertemuan untuk Pramuka. Selain itu juga merupakan kesempatan emas kepada peserta Pramuka untuk mendekatkan diri kepada Tuhan melalui daya tarik alam dan keajaiban yang tersimpan didalamnya. Hal ini sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka, pada Dasa Dharma yang kedua berbunyi cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

“Dengan berkemah kita bisa lebih banyak mempelajari alam dan sesama kita,” lanjut Arif. Kepada Kwartir Cabang Bintan Arif selaku Ketua Kwartir Daerah Provinsi Kepri mengucapkan terimakasih karena selalu aktif menggelar kegiatan kepramukaan khususnya di Wilayah kabupaten Bintan. “Semoga ini bisa menjadi contoh bagi yang lain, karena saat ini Kwartir Bintan merupakan kwartir terbaik di Kepri yang telah menerima penghargaan sebagai Pramuka tergiat,” tutup Arif.

Sementara itu Bupati Bintan Apri Sujadi dalam sambutannya mengatakan kegiatan Kemah Besar ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka yang ke-57 tahun 2018, yang didalamnya kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan mengasah kemampuan kepramukaan. Dengan demikian diharapkan Pramuka penggalang mampu terus memacu prestasi dan teknik kepramukaannya dengan tetap berdasarkan semangat kebersamaan. “Adik adik berada pada jalur yang tepat karena di pramuka kita dilatih disiplin, betindak cepat, menjadi manusia mandiri serta manuasia yang berkarakter sehingga nantinya SDM yang dihasilkan oleh pramuka adalah SDM yang berkualitas. Kalau SDM baik, ketakwaan baik InsyaAllah masa depan bangsa juga akan menjadi lebih baik,” Ucapnya.

Kegiatan kemah Besar ini sendiri diikuti oleh 1085 orang yang terdiri dari Pramuka Penggalang, Penegak dan Pendamping dan berlangsung dari 30 Agustus hingga 20 September 2018. Pada kesempatan ini juga Kwartir Cabang Bintan memberikan bantuan kepada korban bencana di NTB senilai Rp 26.330.00, yang diserahkan oleh Bupati Bintan Apri Sujadi kepada Ketua Kwarda Kepri Arif Fadillah.

“Ini adalah bentuk kepedulian yang luar biasa dari Pramuka. Dalam waktu dekat Kwarda juga akan turun menggalang dana dari masyarakat untuk saudara kita di Lombok yang terkena bencana. Selanjutnya bantuan ini akan kami salurkan ke rekening bantuan yang tersedia,” ujar Arif. (MOI)

Berita Lainnya

Index