Pesta Tugu Opung Guru Manukkun Pintubatu/Br.Matanari Berlangsung Meriah dan Sukses

Pesta Tugu Opung Guru Manukkun Pintubatu/Br.Matanari Berlangsung Meriah dan Sukses

DAIRI, (PAB)--

Pelestarian kearifan lokal termasuk salah satunya pesta tugu yang sudah ada sejak jaman dahulu di dalama bangso Batak Toba. Karena itu, harus tetap dijalankan agar budaya warisan leluhur itu tetap lestari dan tidak terlupakan masyarakat di masa modern seperti sekarang.

Hal inilah yang dilaksanakan salah satu keluarga besar keturunan Op. Guru Manukkun Pintubatu di Desa Pangguruan Dusun 3 Tambero Kec Sumbul Kab. Dairi, Sumatera Utara. Dimana sekira  pukul 08.00 WIB pada tanggal 12 Januari 2022 lalu telah melaksanakan acara panakkon saring-saring tubatu napir (Pesta Tugu).

Disamping untuk melestarikan budaya leluhur, acara ini juga bertujuan untuk menyatukan keturunan opung guru Manukkun Pintubatu pada umumya dan khususnya yang berada di dusun Tambero (Tanah Tambero) agar saling bersatu dan mengenal satu dengan lainnya.

Acara ini juga dihadiri para tamu undangan dan muspika setempat dan tamu undangan lainnya.nya.

"Kami dari keturunan op.Guru Manukkun Pintubatu banyak mengucapkan terimakasih kepada, Kapolres dairi, Kapolsek Sumbul, Kepala desa Pangguruan, Kepala dusun 3, Kepada dinas kesehatan beserta dengan masyarakat Tambero telah memberikan dukungan dan pengamanan dengan menerapkan peraturan protokol kesehatan sehingga pelaksanaan acara pesta adat ini dapat berlangsung sukses," ucap salah satu panitia pelaksana melalui awak media selang beberapa waktu acara selesai dilaksananakn seraya mengatakan rasa terima kasihnya kepada semua pihak sehingga acara ini dapat berlangsung baik dan sukses.

Sementara itu Petrus Pintubatu kepada pab-indonesia.co.id mengucapkan rasa syukurnya dan berharap kedepannya lewat upacara adat ini khususnya semua keturunan Op. Guru Manukkun Pintubatu dapat lebih lagi saling mengasihi satu dengan yang lainnya.

"Kita berharap acara ini dapat terus berlangsung kedepannya, disamping melestarikan budaya Batak  tentunya lewat acara ini kita dapat saling mengasihi, saling menopang satu dwnhan lainnya khususnya keturunan Op. Guru Manukkun Pintubatu,"harap Petrus Pintubatu, Kamis (20/01/2022) melalui sambungan selular.(RS)

Berita Lainnya

Index