Pangdam I/BB Bagikan Buku Netralitas TNI kepada Seluruh Prajurit

Pangdam I/BB Bagikan Buku Netralitas TNI kepada Seluruh Prajurit

MEDAN,(PAB)----Pangdam 1/BB Mayjen TNI Cucu Somantri, S. Sos membagikan buku saku Netralitas TNI kepada para Dansat ( Komandan Satuan) . Pembagian puluhan ribu buku saku Netralitas TNI dalam Pilkada 2018 ini dilaksanakan ,Rabu (17/1/2018), usai upacara bendera bulanan di Lapangan Apel Makodam 1/BB Jalan Gatot Subtoto KM 7,5 Medan.

 

Buku saku Netralitas TNI yang berisi panduan bagi prajurit dalam menyikapi Pilkada 2018 tahun ini diserahkan secara simbolis kepada komandan satuan di jajaran Kodam I/BB selanjutnya akan dibagikan dan disosialisasikan kepada para prajurit. Pangdam I/BB menerangkan, buku saku ini sebagai pedoman dan petunjuk teknis bagi prajurit jajaran Kodam I/BB dalam menyikapi pelaksanaan Pilkada 2018 di wilayah tugasnya masing-masing “Buku saku ini sebagai langkah antisipasi Kodam I/BB terhadap prajuritnya dalam menyikapi pelaksanaan Pilkada 2018,” sebutnya. Esensi dari keberadaan buku saku ini, kata Pangdam 1/BB, adalah untuk menghindari terjadinya kesalahan yang mungkin dilakukan prajurit TNI, terutama dalam konteks Pilkada 2018 di wilayah Kodam I/BB, yang meliputi empat provinsi, mulai dari Sumut, Riau, Sumbar, dan Kepri.

 

“Dengan buku saku yang kita bagikan ini, kita berharap bisa melakukan antisipasi sedini mungkin terhadap kesalahan yang mungkin akan dilakukan prajurit, dan nantinya para Dansat akan menyosialisasikannya secara lebih teknis kepada prajurit di lingkungannya masing-masing, sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berlangsung aman, tertib, dan lancar,” kata Mayjen TNI Cucu. Pangdam 1/BB naik pesawat udara. “Meski kita berulang kali naik pesawat udara, pramugarinya tetap saja mengingatkan tentang tata cara dan adap selama berada di dalam pesawat. Begitu juga dengan buku saku ini, keberadaannya hendaknya dijadikan pedoman oleh seluruh prajurit dalam menyikapi Pilkada 2018 ini,” jelasnya. Mantan KaBinda Sumut ini berharap agar keberadaan buku saku ini dapat secara simultan menyegarkan ingatan seluruh prajurit tentang Netralitas TNI yang merupakan amanah dalam pelaksananaan reformasi internal TNI, sesuai UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

 

“Intinya, buku saku ini bisa dimaknai sebagai upaya-upaya pencegahan yang dilakukan TNI terhadap kesalahan-kesalahan yang akan dilakukan prajurit dalam menyikapi pelaksanaan Pilkada 2018, khususnya di wilayah jajaran Kodam I/BB,” kata Pangdam I/BB . Adapun para Dansat yang menerima simbolis buku saku Netralitas TNI ini, antara lain Dandim 0201/BS,Kolonel Inf Bambang Herqutanto, Danbrigif 7/RR diwakili Kahubdam I/BB, Danpomdam I/BB, Kabekangdam I/BB, Kakesdam I/BB, Danyonif Raider 100/PS, Mayor Inf Lizardo Gumay, Danyonkav 6/NK Letkol Kav Syamsul Arifin. SE, , Danyonarmed 2/105 Kilap Sumagan Letkol Arm Heri Pujiyanto. S. Sos, Danyonarhanudse 11/WBy Mayor Arh Tamaji. S. Sos, , serta Danyon Zipur I/DD Letkol Czi Rielman Yudha.(ferr)

Berita Lainnya

Index