Kemenag Siap Dorong Bentuk Perda Soal Ijazah MDTA

Kemenag Siap Dorong Bentuk Perda Soal Ijazah MDTA

SERGAI,(PAB) --

Dengan Kondisi darurat dan sangat memprihatikan,Bangunan dan mobiler Yayasan Pendidikan Raudhatul Athfal (RA) Al Mawadah dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Washliyah yang terletak di Dusun I Desa Pematang Pelintahan Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai butuh perhatian.

Sebelumnya, Pantauan Wartawan Selasa (16/6/2020) dilapangan terlihat banyak Atap sekolah yang berlobang karena diterbangkan oleh angin, selain itu terlihat kondisi dinding yang berlobang serta kursi dan bangku yang berserakan dan patah sehingga dapat diduga kurangnya kenyamanan para putra putri penerus Bangsa ini dalam melakukan prosesi belajar.

Pembina TK dan MDA M Khairun Nasir (58), saat dijumpai wartawan, Selasa (16/6/2020) mengatakan bahwa Jumlah siswa keseluruhan ada 79 orang yang menjadi perserta didik di sekolah tersebut namun saat ini proses kegiatan belajar mengajar tidak berlangsung karena pandemi Coronavirus Disease atau covid-19. 

Khairun  mengungkapkan. 
" untuk Raudhatul Athfal (RA) Al Mawadah ada 15 orang dengan jumlah tenaga pendidik 2 orang, sedangkan untuk Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Washliyah jumlah muridnya 64 orang dengan jumlah tenaga pendidik 2 orang".

 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Pendidikan Islam Drs H Koima Siregar diruang kerjanya mengungkapkan bahwa alokasi bantuan ditingkat RA/MDTA sangat minim, jikalau pun ada bantuan itu juga dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.

Terkait halini Kasipendis berharap kepada Pemkab Sergai maupun Stakeholder untuk berkoordinasi kepada DPRD dan memperhatikan sekolah MDTA untuk membuat Perda.
"Di Serdang Bedagai ini harus dibentuk Peraturan Daerah (Perda) yang mewajibkan ijazah MDTA untuk syarat masuk ke MTs sederajat, Kalau di Provinsi Sumatera Utara belum ada, sepengetahuan kita di Provinsi Riau sudah dibentuk,"ujarnya.

Selanjutnya, Hal ini juga harus ada kerjasama dengan pengurus Al-Washliyah Kabupaten Serdang Bedagai, Oleh karena itu kita akan berkoordinasi dengan DPRD Sergai dalan waktu dekat.

Menurut Koima sekolah MDTA sangat penting dalam mengedepankan pendidikan agama dan ngaji dasar Al-Qur'an. Dan juga membentuk karakter anak menjadi paham terkait keagamaan dan berakhlakul karimah, "Mari kita bergotong royong utk membenahi perawatan Madrasah tsb dan kita ajak para Dermawan dan seluruh Steack holder demi kelanjutan pendidikan anak bangsa di masa depan sebagai tempat membentuk karakter anak dan kita dukung pembentukan Perda dan pastinya dengan dibantu dukungan masyarakat."Pungkasnya. (Bambang)

Berita Lainnya

Index