Pemkab Asahan Laksanakan Musrenbang RKPD Melalui Video Conference

Pemkab Asahan Laksanakan Musrenbang RKPD Melalui Video Conference

KISARAN,(PAB) -

Karena adanya wabah Corona Virus Desease - 19, Pemerintah Kabupaten Asahan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Asahan  Tahun 2021 melalui Video Conference.

Demikian disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Asahan Zainal Arifin dalam siaran persnya kepada wartawan via WhatsApp, Selasa (14/04/2020).

Dikatakannya, Musrenbang tersebut dibuka oleh Bupati Asahan H. Surya Bsc didampingi para Asisten Setdakab Asahan di ruang Kerjanya melalui media Video Conference yang terhubung langsung dengan Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Provinsi  Sumatera Utara di Medan, serta seluruh Kepala OPD, Camat dan Lurah se Kabupaten Asahan dari kantornya masing - masing.

Menurut Zainal, Musrenbang RKPD ini adalah merupakan forum untuk membahas dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta pagu indikatif berdasarkan Musrenbang yang dilaksanakan mulai dari tingkat desa sampai tingkat Kecamatan  beberapa waktu yang lalu. Dan pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2021 rencananya dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 14 s/d 15 April 2020.

Sementara Bupati Asahan H. Surya Bsc dalam arahannya menyampaikan karena wabah Covid - 19 pelaksanaan musrenbang RKPD tahun ini terpaksa digelar melalui Video Conference. Namun hal ini tidak mengurangi keseriusan kita dalam menyusun musrenbang RKPD Kabupaten Asahan Tahun 2021.

Dijelaskannya pelaksanaan Musrenbang tahun ini dilaksanakan dalam kondisi yang sangat memperihatinkan karena adanya pandemi Corona sehingga kegiatan harus disesuaikan dengan surat edaran Mendagri Nomor 440/2552/SJ tanggal 23 Maret 2020 tentang pelaksanaan musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang harus tetap dilaksanakan dan dilakukan melalui Video Conference dan tetap memgindahkan protokol penanggulangan Covid - 19.

Pelaksanaan musrenbang ini akan menjadi media inspiratif bagi segenap stakeholder untuk mendukung kegiatan maupun program anggaran di tahun berikutnya. Juga, perlu dilakukan sisi penajaman prioritas program untuk RPJMD akhir 2016 - 2021 agar seluruh visi dan misi dapat tercapai, ujar H. Surya Bsc sembari meminta kepada  kepala OPD, Camat, Lurah  dan seluruh elemen masyarakat agar  terus berupaya mewujudkan komitmen yang telah dibangun bersama  yaitu mewujudkan Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.

Sementara Gubernur Sumatera Utara diwakili Kepala Bappeda Provinsi Sumarera Utara Dr. Ir. Hasmirizal Lubis MSi menyampaikan apresiasi kepada Kabupaten Asahan yang telah melaksanakan Musrenbang dalam situasi pandemi Covid - 19 dengan menggunakan media Video Conference.(Pur)

Berita Lainnya

Index