Kegiatan TMMD ke 107 Kodim 0207/SML Bantu Sejahterakan Warga Desa

Dibaca: 1317 kali  Jumat,03 April 2020 | 14:24:38 WIB
Kegiatan TMMD ke 107 Kodim 0207/SML Bantu Sejahterakan Warga Desa
Ket Foto :

SIMALUNGUN, (PAB)--

Sejumlah proyek infrastruktur yang digelar melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Simalungun,  Provinsi Sumatera Utara mendapat respons positif dari seluruh masyarakat setempat.

Kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0207/Simalungun itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga di wilayah yang selama ini kurang mendapat perhatian.
 
Pasalnya Kodim 0207/SML mempunyai 3 lokasi sasaran fisik di tiga Nagori (Desa-red) yakni Nagori Puli Buah, Nagori Parjalangan dan Nagori Durian Banggal.

Menurut salah seorang warga Barry Sitorus, Jumat (3/4/2020) mengatakan bahwa program TMMD yang berlangsung selama 30 hari yang difokuskan di 3 lokasi di Kabupaten Simalungun ini yang wilayah tandus dan minim infrastruktur serta kurang sejahtera.

Ia mengemukakan selama ini masyarakat mengalami kendala untuk melakukan aktifitas perekonomian. Bahkan, anak-anak yang berdomisili di kedua dusun itu juga harus menempuh rute yang cukup jauh untuk menuju sekolah.

Persoalan lain yang masih membebani ialah sulitnya warga bepergian ke kota untuk mengangkat hasil pertanian mereka, khususnya ketika musim kemarau. 

"Itulah sejumlah masalah yang kami rasakan. Kehadiran program TMMD di desa ini telah menjawab masalah kami," kata Barry Sitorus salah satu warga Nagori Parjalangan ini.

Ditambahkan Sitorus, keseharian warga kebanyakan bertani karet dan sawit. Mereka mengaku pasrah menerima nasib. Perekonomian masyarakat termasuk sulit yang diakibatkan keadaan jalan yang bebatuan dengan medan yang terjal serta sulitnya air membuat masyarakat hidup dalam kemiskinan.

Namun, berkat program TMMD, menurut Sitorus bahwa warga seolah mendapat semangat baru untuk kembali bekerja dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan TNl.

"Ekonomi di sini sulit, jalan bebatuan dengan medan terjal, dan air juga kering. Kami terpaksa hidup dalam kemiskinan," kata dia.

Walaupun demikian, sambung dia, Pemkab Simalungun tetap berupaya mencari solusi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TMMD diakuinya berhasil menciptakan asa untuk mendongkrak tingkat perekonomian.

"Pemkab Simalungun sangat mendukung program TMMD. Efek yang dihasilkan sangat luar biasa," tutupnya. (MS/Red)

Akses pab-indonesia.co.id Via Mobile m.pab-indonesia.co.id
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »