Bupati dan Wabub Sergai Serahkan Dana RTM

Bupati dan Wabub Sergai Serahkan Dana RTM

SERGAI (PAB)-

Bupati Sergai H Ir Soekirman Bersama Wakil Bupati H Darma Wijaya memberikan Penyerahan Dana PAD Kegiatan BUMDes Bersama dan Penyerahan  Dana Rumah Tangga Miskin (RTM) serta   Kegiatan Eks-PNPM-MP Kecamatan se Kabupeten Sergai, bertempat di Wisma Prakasa  pabatu ,Desa Kedai Damar Kecamatan Tebing -tinggi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) 
Rabu, (29/1) 

Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya mengatakan 
Lahirnya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, menempatkan desa pada posisi penting dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus menjadi wujud pengakuan dan penghormatan atas desa yang sudah ada dengan segala keberagamannya. Selama ini Masyarakat mengetahui 
Kata bupati .pemerintah desa mengelola dana yang tidak sedikit. Adapun sumber pendapatan desa diantaranya berasal dari  ADD, DD, bagi hasil pajak dan retribusi daerah serta sumber sah lainnya",papar Soekirman.

Selanjutnya kata Soekirman ,Kabupaten Sergai mayoritas wilayahnya terdiri dari kawasan pedesaan.untuk itu pentingnya  Peranan desa sebagai benteng terakhir menghadapi kompetisi masyarakat ekonomi Asean, melalui program PMD dengan fokus utama adalah fasilitasi pengembangan BUMDes Bersama",jelasnya lagi.

Sedangkan penyertaan modal dana maupun penyertaan aset yang telah digelontorkan pemerintahan desa di Kabupaten Sergai untuk pengembangan BUMDes Bersama mencapai RP. 6.500.016.999 dengan 10 BUMDes dan PAD dari BUMDes Bersama sebesar Rp. 394.581.653 sampai akhir tahun 2019.

Sementara Terkait dengan program PNPM Mandiri Pedesaan telah resmi berakhir sejak 31 Desember 2014 lalu. Akan tetapi program pengentasan kemiskinan masyarakat di perdesaan dilakukan melalui pelestarian dan pengembangan kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Eks-PNPM dengan total dana perguliran pada akhir tahun 2019 mencapai Rp. 18.500.115.435. alokasi surplus dana perguliran untuk kegiatan sosial sebesar Rp. 111.867.811 yang disalurkan pada 1.021 RTM dan siswa berprestasi.

terkait hal ini ,Pemkab Sergai mengapresiasi BKAD dan BUMDes Bersama yang telah berhasil menumbuhkembangkan modal eks PNPM di Tanah Bertuah Negeri Beradat. yang  saat ini telah tumbuh dan berkembang dengan baik", pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Wabup Sergai H Darma Wijaya ,sebuah desa yang sudah memiliki modal jika dimanfaatkan dengan baik serta didukung dengan SDM yang memadai, sudah dapat dipastikan desa tersebut akan mengalami kemajuan diberbagai bidang yang sangat pesat",imbuhnya.

Selanjutnya kata H Darma Wijaya ,dengan adanya perubahan zaman kita juga harus pandai melihat potensi usaha yang prospeknya baik untuk saat ini dan dimasa yang akan datang. “ manfaatkan seluruh potensi yang kita miliki, dan janganlah menjadi pengusaha yang hanya ikut-ikutan saja, karena itu tidak menjamin keberhasilan dari usaha tersebut ",tuturnya.

H Darma Wijaya berharap kepada para Kades agar dapat mengembangkan BUMDes yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan PAD Kabupaten Sergai",tandasnya.

Acara tersebut turut dihadiri  ,Kadis Kominfo Drs H. Akmal, AP, M.Si, 
Kadis PMD H Ikhsan AP, M.Si beserta jajaran, 
Ketua Asosiasi BKAD  Sergai Lukman Nur Hakim beserta jajaran, 
Perwakilan dari Perbankan di Sergai, Manager PTPN IV Pabatu, Camat dan Kades se-Sergai (Bambang)

Berita Lainnya

Index