Kapolda Sumut Hadiri Pencanangan Pemberdayaan Ekonomi Hutan Sergai

Kapolda Sumut Hadiri Pencanangan Pemberdayaan Ekonomi Hutan Sergai

SERGAI,(PAB)----

Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Agus Andrianto, SH.,MH menghadiri kegiatan Pencanangan Pemberdayaan Ekonomi Hutan Kemasyarakatan di pesisir pantai Desa Nagakisar, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (20/9) sore.

Kegiatan diawali dengan penanaman padi, penaburan bibit ikan, penanaman pohon dan peletakan batu pertama pembangunan pendopo kusumo Gapoktan Nagajaya/Pujakusuma/ANSU oleh Kapolda Sumut dengan penandatanganan prasasti didampingi Kapolres Sergai AKBP H Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos.,SIK.,MS.i dan Sekdakab Sergai Drs Hadi Winarno.

Ketua Panitia M. Yamin, SAg dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak dan seluruh panitia yang menyumbangkan waktu dan pikirannya sehingga kegiatan pemberdayaan ekonomi hutan kemasyarakatan diberikan kemudahan dan diberkahi Allah SWT.

Sekdakab Sergai, Drs Hadi Winarno mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, di Kabupaten Sergai, Tanah Bertuah Negeri Beradat.

"Atas nama Pemkab Sergai, kami mngucapkan terimakasih atas kedatangan Kapolda Sumut dan rombongan di Sergai, terlihat juga masyarakat sangat antusias dari awal shalat jumat di Masjid Raya Sulaimaniah Perbaungan tadi,"ujarnya.

Ditegaskan Sekdakab, bahwa kondisi Kamtibmas di Kabupaten Sergai hingga sekarang situasi sangat kondusif dan aman. Karena itu semua juga atas bimbingan dan arahan Kapolda Sumut serta jalinan koordinasi baik selama ini antara Pemkab dengan Polres Sergai maupun forkopimda lainnya.

"Kami berharap Kapolda Sumut senantiasa tetap berkunjung ke Sergai dalam memberikan arahannya dalam bersama-sama memajukan Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan,"pungkas Hadi Winarno.

Ketua Pujakusuma Sergai, Sutrisno didampingi Ketua Gapoktan Nagajaya Desa Nagakisar Bambang dan Koordinator Aliansi Nelayan Sumatera Utara (ANSU) Kabupaten Sergai, Khair Marpaung dalam sambutannya mengatakan dalam kegiatan penanaman mangrove serentak dan terbanyak disatu provinsi yang mendapatkan rekor MURI Indonesia, saya pernah menyampaikan bahwa ANSU telah mengambil inisiatif untuk mendorong agar kiranya kawasan pesisir dapat dikelola oleh masyarakat nelayan ataupun masyarakat disekitar kawasan hutan melalui skema perhutanan sosial.

Dan salah satunya Gapoktan Nagajaya Desa Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin telah memperoleh izin IUPHKM seluas 261 Ha selama 35 tahun, terangnya.

Lanjut Sutrisno, kami akan terus mendorong masyarakat seputar kawasan hutan untuk dapat mengelola hutan secara mandiri melalui skema perhutanan sosial tersebut, agar kehadiran negara dirasakan betul oleh segenap masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan hutan.

"Oleh karena itu juga, atas dukungan bapak Kapolda Sumut dalam kegiatan ini tentulah menjadi kekuatan yang luar biasa bagi kami. Kami berharap semoga harmonisasi antara Kepolisian Polda Sumut dengan masyarakat terkhusus ANSU, Gapoktan Nagajaya dan Pujakusuma Sergai dapat terus berjalan dan dapat melakukan kerjasama di masa-masa yang akan datang,"ungkapnya.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dalam arahannya menegaskan apa yang diterima masyarakat dari Pemerintah Daerah yang merupakan perwakilan dari Pemerintah Pusat mengenai ijin pemanfaatan pengelolaan lahan hutan dan pinggir laut, harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Harus dikelola dengan baik. Jangan yang aneh-aneh. Kalau pengelolaannya baik, buminya dijaga, ekonomi masyarakat meningkat, itu yang diinginkan pemerintah,”ujar Kapolda.

Irjen Pol Agus juga menghimbau masyarakat agar tetap menjaga kerukunan antar umat beragama. Karena saat ini Indonesia sedang diuji, baik agamanya, moralnya, keamanan hingga perilaku masyarakatnya.

“Tidak ada manusia yang sempurna, tapi bagaimana dari kekurangan tersebut, kita terus berbuat baik salah satunya menjaga kerukunan dan kamtibmas,” pinta Jenderal bintang dua tersebut.

Selain itu, lanjut Agus mari bergandengan tangan dalam menjalankan program pemerintah pusat dalam pengembangan destinasi wisata Danau Toba, Sumut. (Bambang )

Berita Lainnya

Index