Menurut Pemuda Ini, PKH Di Kabupaten SERGAI belum Tepat Sasaran

Menurut Pemuda Ini, PKH Di Kabupaten SERGAI belum Tepat Sasaran
Slogan PKH

SERGAI, (PAB)–

Melihat ketentuan dimata hukum  jelas ditegaskan bahwa dalam Permensos 1 tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan pada Pasal 3 yang berbunyi, yakni Sasaran PKH merupakan keluarga dan/atau seseorang yang miskin dan rentan serta terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin, memiliki komponen kesehatan, pendidikan, dan/atau kesejahteran sosial.

Namun beda halnya yang  terjadi di Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, justru masyarakat menilai Program Keluarga Harapan (PKH) itu tidak tepat sasaran, oleh karena itu diminta Kepala Dinas Sosial yang baru dilantik agar melakukan evaluasi sistem ataupun pendataan terkait soal PKH.

Karena diketahui, bahwa Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya telah melantik H. Ifdal, S.Sos, M.AP  sebagai Kadis Sosial yang baru menggantikan Misran SE yang memasuki masa pensiun berdasarkan Surat Keputusan Bupati No. 724/18.33/Tahun 2019, pada Jumat (2/8) kemarin.

Hal itu disampaikan tokoh pemuda, Farisal Reza (27) warga Dusun 2, Desa Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan kepada media ini, Senin (12/8) sore di Perbaungan mengatakan dirinya menilai PKH terpantau banyak yang tidak tepat sasaran.

“Ada seorang masyarakat dengan kondisi kehidupan yang memprihatinkan bahkan tempat tinggal tidak layak huni namun tidak menerima PKH . Mirisnya, orang yang kategori mampu malah menerima,”bebernya.

Reza berharap dengan dilantiknya Kepala Dinas Sosial Sergai yang baru, agar dapat mengevaluasi PKH hingga program sosial itu tepat sasaran dan diterima oleh masyarakat yang berhak.

“Kita minta PKH dievaluasi karena sudah banyak yang mengeluh dan kami meminta Dinas Sosial Sergai mendata ulang kategori yang berhak menerima PKH tersebut,”tutupnya.

Hal senada dikatakan B. Silaen (33) warga Dusun III, Desa Pematang Terang Kecamatan Tanjung Beringin bahwa program PKH itu apalagi khususnya di Wilayah Kecamatan Tanjung Beringin dinilai tidak tepat sasaran.

“Saya berharap dengan dilantiknya Kadis Sosial yang baru dapat mengatasi permasalahan dilapangan terkait program PKH,”ujarnya kepada wartawan.

Menanggapi hal itu, Kadis Sosial Sergai, H. Ifdal, S.Sos mengatakan dirinya saat ini sedang melakukan koordinasi dengan pihak Koordinator PKH Kabupaten hingga Desa.

“Saya kan baru menjabat, maka untuk saat ini saya sedang koordinasi dengan koordinator PKH tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa,”jawabnya singkat. (Bambang)

Berita Lainnya

Index