JK Dorong Pengusaha Tak Takut Investasi Selama Pemilu 2019

JK Dorong Pengusaha Tak Takut Investasi Selama Pemilu 2019
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi).

JAKARTA,(PAB)----

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mendorong pengusaha agar tak merasa takut berinvestasi selama masa Pemilu 2019. JK meyakini pemilu tahun depan akan berjalan aman dan lancar sehingga tak akan memengaruhi iklim investasi.


"Harapan kita tahun depan lebih baik, karena pemerintah sekarang saya yakin ingin berusaha lebih baik agar terpilih lagi di tahun yang akan datang," ujar JK saat memberikan sambutan dalam acara CEO Forum yang mengusung tema 'Embracing Industry 4.0' di Hotel Ritz Carlton, Sudirman, Jakarta, Senin (10/12). 

JK mengatakan, semangat pengusaha untuk berinvestasi di Indonesia sebenarnya cukup tinggi. Hanya saja para pengusaha kerap terganjal masalah birokrasi. 

"Memang masalah pemerintah itu bagaimana agar birokrasi kita lebih bersih dan cepat. Tentu kita mengharapkan efisiensi dalam proses itu," katanya. 
Di sisi lain, lanjut JK, kondisi ekonomi Indonesia mendatang tak akan dipengaruhi faktor dalam negeri semata. Ia tak menampik bahwa perang dagang antara Amerika Serikat dengan China turut berdampak pada kondisi ekonomi di Indonesia. 


"Pengaruh luar tentu semua tahu pembicaran antara Presiden Trump dengan Xi Jinping akan menentukan baik buruknya ekonomi pagi hari ini," ucapnya. 

Ekskalasi perang dagang AS-China diketahui sempat memanas seiring ancaman tarif baru pada tambahan produk senilai US$267 miliar. Namun dalam pertemuan G20 di Argentina pekan lalu, Trump dan Xi Jinping setuju menunda kenaikan tarif AS yang direncanakan pada 1 Januari hingga 25 persen dari 10 persen pada barang-barang China senilai US$200 miliar. 

Terlepas dari permasalahan tersebut, JK optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan membaik seiring kemauan pengusaha untuk berinvestasi. "Saya yakin tahun-tahun akan datang kita pasti lebih baik dari negara lain," imbuhnya.(cnn)

Berita Lainnya

Index