Ketua DPRD Sergai: Mari Kita Tingkatkan Ekonomi Rakyat Lewat Destinasi Wisata Kampung Budaya

Ketua DPRD Sergai: Mari Kita Tingkatkan Ekonomi Rakyat Lewat Destinasi Wisata Kampung Budaya

SERDANG BEDAGAI,(PAB) -

Ketua DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM  mengatakan, bahwa kebudayaan adalah salah satu harta bangsa kita, oleh karena itu, kita sebagai pewarisnya sudah seharusnya untuk tetap melestarikan kebudayaan itu. 

Demikian disampaikan Ketua DPRD Sergai dr M Riski Ramadhan Hasibuan saat mengunjungi Kampung Budaya Banjar bersama Koordinator Wilayah Rumah Sandiaga Uno Indonesia di Desa Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, Senin (8/3) pagi. 

Dalam kunjungan tersebut, Kedatangan Ketua DPRD Sergai beserta perwakilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno itu disambut dengan tarian khas Budaya Banjar dan masyarakat Banjar yang menggunakan batik sasirangan khas Banjar.

Pada kesempatan Itu beliau  mengungkapakan, di Desa Lubuk Cemara ini kita masih bisa melihat rumah adat suku Banjar yang dibangun pada tahun sebelum negara kita merdeka yaitu tahun 1940. Dimana bangunan tersebut masih kokoh berdiri,

" Saya pesankan kepada pemerintahan desa agar dapat merawat dan memperbaikinya untuk menjaga keaslian rumah budaya Banjar ini"ungkap Riski politisi muda asal Gerindra.

Lanjut dr Riski, sesuai program Menteri Sandiaga Uno yakni dengan meningkatkan ekonomi masyarakat lewat kampung budaya, maka dari itu kita harus melakukan "Geber 
(Gerak Bersama), Gercep (Gerak Cepat) dan Gaspol (menggarap semua potensi yang ada).


Pada kunjungan Kampung Banjar turut mendampingi juga Wakil Ketua DPRD Sergai Siswanto, Dewan Pakar DPRD, Humas DPRD, Kabid Pariwisata Disporabudpar Sergai, perwakilan Dinas Perhubungan Sergai, Plt Camat Perbaungan, Plt Kades Lubuk Cemara, Pendamping Desa, adik-adik Sanggar Tari Desa Lubuk Cemara serta tokoh adat Banjar.

Sementara atas kunjungannya, Koordinator Wilayah Rumah Sandiaga Uno Indonesia, Dani Sutarjo kepada wartawan menuturkan,dirinya mewakili Menteri Sandiaga Uno ditugaskan oleh beliau untuk mengunjungi Kampung Budaya yang ada di Kabupaten Sergai ini. 

"Mudah-mudahan jika program yang digagas oleh Ketua DPRD Sergai ini bapak dr. Riski Ramadhan berjalan dengan lancar dan sesuai perencanaan, bapak Sandiaga Uno sendiri akan datang ke kampung budaya"ujarnya. 

Terakhir, dr Riski menambahkan, Pemerintah daerah khususnya DPRD Kabupaten Sergai akan berupaya semaksimal mungkin untuk membangkitkan pariwisata dan kebudayaan yang masih kental di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini. 

"Karena jika kampung Budaya ini terlaksana sesuai dengan apa yang direncanakan maka sudah dipastikan ekonomi lokal akan meningkat pesat dengan banyaknya kedatangan tamu dari luar daerah, yang mana kediaman- kediaman masyarakat sekitar akan di jadikan Homestay atau sebagai tempat penginapan para wisata yang datang,"ujarnya.

Selanjutnya,usai acara tersebut, Ketua DPRD dan rombongan pada pukul 11.30 WIB meninjau Rumah adat Banjar yang ada di Desa lubuk Cemara yang diperkirakan dibangun pada Tahun 1940. Dilanjutkan menyantap sajian makanan khas Banjar.(Bambang)

Berita Lainnya

Index