Korea Utara Ancam AS:

Korea Utara Ancam AS:

Medan, (PAB)----

Seorang diplomat Korea Utara mengatakan program senjata nuklir balistik negerinya tidak dapat ditawar-tawar lagi. Perempuan diplomat itu, Choe Son-hui mengatakan bahwa Amerika Serikat harus "menyiapkan diri untuk hidup berdampingan dengan" sebuah Korea Utara yang memiliki kemampuan senjata nuklir.

Dia mengatakan bahwa hal itu adalah "satu-satunya cara untuk menjamin perdamaian abadi di semenanjung Korea."

Sebelumnya Direktur CIA Mike Pompeo memperingatkan bahwa dalam beberapa bulan mendatang, Korea Utara mungkin akan memiliki kemampuan untuk menyerang AS dengan rudal nuklir. Korea Utara mengklaim sudah memiliki kemampuan itu.

Direktur CIA, Mike Pompeo mengatakan bahwa militer masih merupakan opsi untuk menangani krisis Korea Utara. (Getty Images)

Pompeo menekankan bahwa Washington masih memilih jalur diplomasi dan sanksi untuk mencegah pengembangan nuklir Korea Utara, namun menegaskan bahwa jalur militer pun tetap menjadi pilihan. Bregitu tulis Tribun.com

Berbicara di sebuah konferensi non-proliferasi di Moskow, diplomat Korut, Choe Son-hui mengulangi ungkapan yang sudah banyak diucapkan pejabat Korea Utara lain: senjata nuklir adalah 'masalah hidup dan mati' bagi negeri itu.

Awal tahun ini, Choe Son-hui dilaporkan mengatakan bahwa pemerintah mereka terbuka bagi perundingan dengan AS, jika kondisinya cocok.

Namun pada hari Jumat ia mengatakan bahwa pelaksanaan "apa yang disebut resolusi sanksi PBB" itu akan dianggap oleh Korea Utara sebagai tindakan agresi dan perang.

Sejak Korea Utara mempergencar uji coba rudal-rudal mereka awal tahun ini, PBB meningkatkan sanksi ekonomi terhadap mereka.

Hari Jumat lalu pemerintah Australia mengatakan telah menerima surat dari Korea Utara, yang tampaknya juga dikirim ke negara-negara lain, yang menyerukan untuk menjaga jarak dari sikap AS terkait Korea Utara.

Pompeo memperingatkan bahwa sekarang ini kemampuan rudal Pyongyang sudah berkembang dengan cepat sehingga sulit bagi intelijen AS untuk memastikan kapan mereka akan benar-benar berhasil membangun rudal nuklir, namun mengatakan bahwa hal itu bisa terjadi segera.(ria)

 

Berita Lainnya

Index