Dosen UMA Pengabdian Masyarakat (PKM) di TK Kartika I-1 Medan

Dosen UMA Pengabdian Masyarakat (PKM) di TK Kartika I-1 Medan

Medan, (PAB) ---Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, Universitas Medan Area (UMA) lintas fakultas melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada anak usia dini di TK Kartika I-1 Medan pada tanggal 3-4 Mei 2024, pukul 09.00 - 12.00 WIB, yang berlokasi di jalan H.A Manaf Lubis, Kec. Medan Helvetia Medan. Kegiatan ini melibatkan seluruh warga sekolah yang terdiri dari Kepala Sekolah, para Guru, dan peserta didik.

Tahap perkembangan usia dini merupakan tahap yang sangat penting dalam perkembangan hidup setiap individu. Untuk itu perlu diterapkan metode pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi anak-anak agar mereka lebih tertarik untuk melakukannya. Seperti kita ketahui, usia prasekolah merupakan usia bermain, dan semua aktifitas dilakukan dengan bermain. Demikan pula dengan belajar, anak-anak baru akan tertarik untuk serius belajar, bila metode yang dipergunakan menggunakan metode bermain. Atas dasar inilah maka para tim PKM dari Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, dan Fakultas Agama Islam. Universitas Medan Area (UMA) melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada anak-anak usia dini dengan menerapkan metode Bermain Asyik dan Menyenangkan . Terapi bermain dapat dilakukan didalam ataupun diluar ruangan. Terapi yang dilakukan didalam ruangan sebaiknya dipersiapkan dengan baik terutama dengan alat-alat permainan yang akan digunakan.
Dosen-dosen Universitas Medan Area (UMA) melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di TK Kartika I-1 Medan, yang bertemakan “Bermain Asyik dan Menyenangkan” : Pengembangan Kepercayaan Diri dan Motorik Halus Anak. Penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan motorik halus bergantung pada perkembangan kemampuan motorik kasar karena keduanya saling terpadu. Penting bagi anak untuk mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasar agar mereka bisa percaya diri ketika beraktivitas menjelajahi dunianya sendiri. Maka dari itu, dosen-dosen Universitas Medan Area (UMA) berinisiatif untuk melakukan transfer knowledge mengenai pengembangan kepercayaan diri dan motorik halus anak melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang sasarannya adalah anak-anak TK Kartika I-1 Medan.
Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pembukaan pidato yang disampaikan oleh kepala sekolah yaitu ibu Dewi Suci Handayani, S.Pd dan didampingi oleh para guru. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh dosen Universitas Medan Area (UMA) yang sudah berkenan melakukan kegiatan pengabdian di TK Kartika I-1 Medan, yang dimana kegiatan ini sangat membantu bagi para guru-guru dalam mendampingi para peserta didik untuk lebih mudah dalam mengikuti pelajaran yang diberikan dengan metode bermain.

Selanjutnya, Ibu Merri Hafni, S.Psi, M.Si, Psikolog selaku koordinator kegiatan menyampaikan bahwa, kegiatan PKM ini sangat membantu dalam mendeteksi kemampuan anak-anak pra sekolah sejak awal agar lebih terarah kemampuan dan potensi mereka di usia dini dengan metode yang menarik seperti dengan bercerita, menggambar, dan aktifitas lain yang menarik bagi anak-anak seusia mereka. Metode yang digunakan selama pelaksanaan PKM diharapkan dapat dikembangkan oleh para guru-guru PAUD untuk lebih meningkatkan kemampuan dan kreatifitas anak-anak usia pra sekolah.
Delapan tim pengabdian yang terdiri dari, Tim 1, menyampaikan tentang Metode Cerita dalam mengembangkan Kemampuan Bahasa dan berpikir anak, yang mana diketuai oleh Dr. Siti Aisyah, M.Psi, Psikolog dan anggotanya Dr. Minda Sebayang dan Sirmas Munte, ST, MT.
Tim 2, Melatih Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Art Technique, yang mana diketuai oleh Merri Hafni, S.Psi, M.Si, Psikolog dan anggotanya Zuhdi Budiman, S.Psi, M.Psi dan Hery Syahrial, SE, M.Si.
Tim 3, Melatih Kemandirian anak melalui Metode Bermain, yang mana diketuai oleh Neng Nurcahayati Sinulingga, M.Pd dan anggotanya Istiana, S.Psi, M.Psi, Psikolog dan Nini Sri Wahyuni, S.Psi, M.Psi, Psikolog.
Tim 4, Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Kolase Secara Berkelompok, yang mana diketuai oleh Yunita, S.Pd, M.Psi, Kons dan anggotanya Eryanti Novita, M.Psi, Psikolog dan H. Abdul Lawali Hasibuan, SH, MH.
Tim 5, Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menempel, Melipat) dengan Metode Demonstrasi. Yang diketuai oleh Ira Kesuma Dewi, S.Psi, M.Psi dan anggotanya Fikriyah Iftinan Fauzi, S.Psi, M.Psi dan Dr. Syafrizaldi, S.Psi, M.Psi.
Tim 6, Memberikan Permainan Edukasi dalam Membentuk Kepribadian Tangguh pada Anak yang diketuai oleh Laili Alfita, MM, M.Psi, Psikolog dan anggotanya adalah Naafesa, M.Psi., Psikolog dan Desy Astrid Anindya, SE, M.Ak.
Tim 7, Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak melalui Kegiatan Menggambar dan Bercerita, yang mana diketuai oleh Maqhfirah Dr, S.Psi, M.Psi dan anggotanya Yudistira Fauzy Irawan, S.Psi, MA, Ph. D dan Nanda Novita, S.Kom, M.Kom.
Tim 8, menyampaikan Edukasi Pola Makanan Sehat Anak yang diketuai oleh Anna Wati Dewi Purba dan anggotanya adalah Ir. Gustami Harahap, MP dan Erlina Sari Siregar, S.Psi, M.Psi.
Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk melatih kepercayaan diri dan motorik halus kepada anak-anak TK Kartika I-1 Medan. Pemahaman pentingnya kemampuan motorik halus untuk perkembangan anak usia dini telah mengalami peningkatan namun tidak setiap orang tahu bagaimana cara untuk mengoptimalkannya. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan motorik halus anak usia dini sekaligus melatih kepercayaan dirinya.(RSS)

Berita Lainnya

Index