Arab Saudi Keluarkan Perintah Penyelidikan Insiden Mina

Arab Saudi Keluarkan Perintah Penyelidikan Insiden Mina
Insiden Mina

Mina, PAB-Online
Kerajaan Arab Saudi telah mengeluarkan perintah untuk dilakukan penyelidikan atas insiden di Mina yang menewaskan lebih dari 700 orang jamaah haji pada Kamis (24/9).

Dilansir dari Aljazirah, Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohamed bin Nayef melakukan pertemuan dengan Komisi Haji Arab Saudi pada Kamis (24/9). Pangeran pun memerintahkan penyelidikan atas insiden saling desak yang terjadi tepat saat Idul Adha tersebut. Temuan investigasi akan disampaikan kepada Raja Salman, yang akan memutuskan langkah tepat dalam menanggapi insiden itu.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, menjelaskan saling terhimpitnya para jamaah tampaknya disebabkan oleh dua gelombang peziarah yang bertemu di persimpangan. Juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Mayjen Mansour al-Turki mengatakan suhu tinggi dan kelelahan juga mungkin menjadi faktor tambahan.

Namun, Kepala Organisasi Haji Iran, Kata Ohadi, menerangkan untuk alasan yang tidak diketahui, dua jalur telah ditutup di dekat lokasi untuk melakukan ritual lempah jumroh.

"Hal ini yang menyebabkan insiden tragis ini," kata Ohadi.

Ohadi menyatakan penutupan jalan telah membuat rute untuk ritual lempar jumroh menjadi tiga rute saja. Para pejabat Iran menambahkan sampai Jumat, tercatat ada 131 jamaah Iran yang meninggal dunia dalam inside itu. (Zul/Rep/IP)
 

Berita Lainnya

Index