DPC GMNI Pertanyakan Netralitas BAWASLU dan KPU Kota Binjai

DPC GMNI Pertanyakan Netralitas BAWASLU dan KPU Kota Binjai
Ket.Foto: Ketua DPC GMNI Kota Binjai, Windi Tanjung

BINJAI,(PAB)---- 

Kegiatan Sosialisasi partisipasi Pemilu yang menghadirkan Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung yang diadakan di depan Gedung SMA Negeri 2 Kota Binjai menimbulkan sebuah Polemik. Pasalnya tempat tersebut adalah Kediaman salah satu Bacaleg Kota Binjai 2024, inisial OB.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC GMNI Kota Binjai, Windi Tanjung sangat menyayangkan atas kegiatan sosialisasi tersebut yang memunculkan pertanyaan mengapa sosialisasi Partisipasi Pemilu di adakan di rumah salah satu Bacaleg Kota Binjai 2024? Sebab menurutnya dapat menodai netralitas KPU dan Bawaslu terutama Komisioner KPU dan Bawaslu yang hadir pada acara kegiatan tersebut.

"Kejadian Ini sangat jelas aneh mengapa KPU RI menyediakan anggaran untuk Sosialisasi tapi di adakan Di rumah pribadi bacaleg ? Ini harus di pertanyakan Netralitas nya" ujar Windi Tanjung, Jumat (13/10/2023).

Diketahui kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua BAWASLU Kota Binjai dan juga beberapa anggota KPU Kota Binjai yang mana kegiatan tersebut diketahui menggunakan Anggaran KPU RI.

Terlihat anggota KPU Kota Binjai tampak bersikap mencurigakan karena tampil dengan sikap Pelayanan Istimewa kepada Ketua Komisi II DPR RI tersebut padahal beliau terdaftar sebagai Bacaleg 2024. Sebab walaupun Sang Legislator tersebut adalah Pejabat Publik hal itu dapat menimbulkan kecurigaan atas Netralitas KPU Kota Binjai.

"Seharusnya KPU sebagai Penyelenggara Pemilu dan juga BAWASLU selaku pengawas Pemilu harus menjaga Netralitasnya sebagai Lembaga Penyelenggara dan pengawas pemilu. Kalau seperti ini sudah kita ragukan Netralitasnya apalagi Ketua BAWASLU Kota Binjai yang ikut hadir pada acara tersebut" tegas Windi 

Menurut Windi Ketua BAWASLU Kota Binjai sudah layak diragukan Netralitasnya sebagai Pimpinan atas kehadirannya di tempat tersebut.

"Kita menduga adanya anggota KPU Provinsi,Anggota KPU Kota Binjai,Ketua Bawaslu Kota Binjai dan Calon Anggota KPU menjadi Tim sukses Untuk Bacaleg Tersebut dikarenakan Menggunakan Anggaran KPU Kota Binjai" Tegas Windi.

Menurutnya hal yang di ungkapkannya adalah hal yang wajar atau spekulasi yang wajar ketika ada Anggota KPU Provinsi dan juga Kota Binjai serta calon Anggota KPU dan juga Komisioner Bawaslu hadir dalam kegiatan tersebut pantas meragukan Netralitasnya.

(ST)

Sumber: Press release Windi Tanjung 

Berita Lainnya

Index