Rakyat Menilai: Prabowo Figur Pemersatu

Rakyat Menilai: Prabowo Figur Pemersatu

Jakarta, (PAB-Indonesia)

Calon Presiden Prabowo Subianto dinilai sebagai figur pemersatu seluruh elemen bangsa. Kemampuan komunikasinya dan ketokohannya dinilai mampu mengeratkan mereka untuk berjalan dalam satu barisan membangun Indonesia.

“Publik melihat bahwa sebagai Capres 2024, Prabowo adalah figur pemersatu,” kata Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia, Igor Dirgantara , di Jakarta, kemarin.

Menurut Igor, figur pemersatu yang ada di dalam diri Prabowo, tercermin kala masuk ke dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat menerima pinangan Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Pertahanan, saat itu juga Prabowo bisa dinilai sebagai figur pemersatu bangsa, karena menyatukan kedua kubu yang bertarung sengit pada Pilpres 2019 silam.

Semenjak menjabat sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju, Prabowo berhasil menorehkan beberapa catatan apik. Prabowo sukses memperkuat beberapa kerja sama internasional dengan negara-negara luar, salah satunya adalah Prancis.

Dampak yang dihasilkan dari kerja nyata yang dilakukan Prabowo itu membuahkan hasil yang positif. Kementerian Pertahanan (Kemenhan) berhasil menduduki peringkat pertama sebagai kementerian dengan kinerja terbaik versi lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO).

Dari survei yang dilaksanakan pada baru-baru ini, Kementerian Pertahanan berhasil menempati peringkat pertama dengan total angka sebesar 82,1 persen. Kemudian diikuti di belakangnya ada Kementerian BUMN dengan penilaian sebanyak 74,5 persen suara. Adapun di peringkat ketiga diduduki oleh Kemenkopolhukam dengan raihan angka 66,9 persen.

Maka dari itu, Igor menegaskan, Prabowo adalah sosok yang dipandang berkontribusi positif terhadap tingginya tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah saat ini. Apalagi saat ini Kementerian Pertahanan menjadi tumpuan untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

“Prabowo dipandang punya kontribusi positif terhadap tingginya tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah saat ini,” kata Igor.

Menteri Pertahanan itu, dinilai sebagai figur yang merangkul berbagai golongan. Kemampuan komunikasinya membuat banyak pihak berjalan seirama untuk sama-sama memajukan bangsa.

Pada bagian lain, tokoh masyarakat Ponorogo Jawa Timur, Agus Budi Waluyo, menilai sosok Ketua Umum Gerindra tersebut sebagai pemimpin yang merakyat dan juga tegas.

Tak hanya itu, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu juga menurutnya adalah figur Calon Presiden (Capres) yang tidak membeda-bedakan rakyat kecil dan warga biasa.  “Semua mendukung, orangnya juga merakyat, tegas, tidak membeda-bedakan rakyat atau warga kecil,” lanjut Agus dalam keterangannya pada pekan lalu.

Pola komunikasi yang seperti ini menyebabkan Prabowo dinilai dekat dengan banyak pemilih. Dia berpotensi menang pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Sosoknya yang tegas dan juga merakyat, menjadi pertanda, Prabowo merupakan kandidat kuat memimpin Indonesia periode berikutnya.

“Pak Prabowo selama ini kinerjanya bagus, kemarin Pak Jokowi sempat mengatakan kalau penerusnya nanti Pak Prabowo, bisa dikatakan untuk Pilpres tahun ini juga Pak Prabowo,” kata Tokoh Masyarakat Ponorogo, Agus Budi Waluyo.

Oleh karena itu, Agus menekankan, jika Prabowo adalah sosok tepat untuk melanjutkan kerja-kerja pemerintahan Presiden Jokowi untuk periode berikutnya. Agus juga mengakui bahwa ia adalah salah satu pendukung setia Prabowo dari beberapa waktu yang lalu.  “Sejak dulu mendukung Pak Prabowo,” ujarnya.

Sementara, Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR Utut Adianto mengakui Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang sekarang adalah orang berbeda. Kini, Menteri Pertahanan (Menhan) itu menunjukkan sisi humanisnya jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Sekarang Pak Prabowo kan tampak berbeda dengan Pak Prabowo yang dahulu. Pak Prabowo yang humanis, yang tidak mudah marah, mendekati semua titik kan itu perubahan besar dari beliau," ujar Utut di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Prabowo merupakan salah satu sosok Capres yang memiliki kedekatan dengan akar rumput. Maka dari itu, dukungan yang mampir kepadanya dari kalangan akar rumput, terbukti mendapatkan raihan suara terbanyak. Hal itu tercermin dari hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023 silam.

Dari hasil survei itu, Prabowo berhasil mendapatkan mayoritas suara dari pemilih yang memiliki latar belakang pekerjaan seperti, petani, peternak hingga nelayan. Orang nomor satu di Partai Gerindra itu berhasil mendapatkan suara sebesar 44,9 persen.

Oleh karena itu, Agus menekankan, jika Prabowo adalah sosok tepat untuk melanjutkan kerja-kerja pemerintahan Presiden Jokowi untuk periode berikutnya. Agus juga mengakui bahwa ia adalah salah satu pendukung setia Prabowo dari beberapa waktu yang lalu.  “Sejak dulu mendukung Pak Prabowo,” ujarnya. (raditya)
 

Berita Lainnya

Index