Pada Pilkada 20024:

Kemendagri harus Siapkan 270 Orang Untuk Menjadi Pj

Kemendagri harus Siapkan 270 Orang Untuk Menjadi Pj
Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik

Depok, (Pab-Indonesia)

Kemendagri kini tengah mempersiapkanan sekurang-kurangnya 270 pejabat untuk mengisi kekosongan yang akan terjadi di 270 daerah pada Pilkada 2024 mendatang.  'Kami harus menyiapkana 270  penjabat (Pj) hingga Desember 2023 mendatang," kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik, di Depok, Jawa Barat, Rabu (30/8).

Akmal menyebut ratusan daerah tersebut mengalami kekosongan jabatan lantaran baru melaksanakan pemilihan pada akhir 2024. Menurutnya, saat ini sudah ada 105 gubernur, bupati, dan wali kota yang digantikan oleh Pj kepala daerah.

"Kemudian September ini 45 kita isi lagi. Diperkirakan sampai dengan Desember 2023 ada kurang lebih 270 daerah," kata Akmal

Akmal menegaskan, para Pj kepala daerah tak dibebani oleh beban politik, biaya politik, dan janji-janji politik. Oleh karena itu, mereka berkesempatan untuk melaksanakan pelayanan publik secara tepat.

Ia menyebutkan, telah memberi instruksi kepada para Pk kepala daerah agar hadir di masyarakat dan memastikan pelayanan publik berjalan dengan baik.

"Untuk generasi muda saya katakan, mohon maaf, produk-produk politik pasti akan menghadirkan janji-janji. Karena mereka harus janji kalau mau menang, harus janji dong. Sementara penjabat enggak perlu janji," tambahnya.

"Tugas mereka adalah memastikan bahwasanya pelayanan publik yang mereka berikan itu betul-betul memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, seluruh kebutuhan masyarakat terpenuhi, termasuk generasi muda," begitu kata Akmal. (radith)

 

Berita Lainnya

Index