Pustu Terbengkalai  Masyarakat Dusun 3 Desa Sukajadi Tak lagi Menikmati Faskes 

Dibaca: 5875 kali  Jumat,17 Juli 2020 | 12:20:05 WIB
Pustu Terbengkalai  Masyarakat Dusun 3 Desa Sukajadi Tak lagi Menikmati Faskes 
Ket Foto :

SERGAI,(PAB)-

Masyarakat Dusun 3, Desa Sukajadi Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai 
Sudah lama tak dapat lagi menikmati pasilitas kesehatan di gedung puskesmas pembantu (Pustu). 

Pasalnya, pasilitas kesehatan 
(Paskes)  bagi masyarakat yang terletak di Dusun 3  tersebut, tampak terbengkalai dan butuh perhatian Pemkab Sergai khususnya Dinas Kesehatan Sergai.

Menurut warga setempat pustu itu sudah hampir 6 tahun tak dapat lagi  digunakan. Sehingga, bila  masyarakat  disekitarnya  melakukan cek kesehatan terpaksa harus mendatangi  rumah kontrakan Bidan Desa Salmiati  br Sitompul.

 

Seperti yang diungkapkan
Nenek Tamira(68) warga setempat dusun 3 Desa Sukajadi, pada Kamis (16/7) mengatakan, puskesmas itu sudah lama terbengkalai sekitar 6 tahun, jadi kami masyarakat sekitar bila ingin berobat dan cek kesehatan harus datang kerumah 'Bidan Desa'.

"Kami warga setempat selama ini sulit untuk berobat semenjak pustu itu rusak dan 
tak berpungsi lagi.Jadi,kalau warga mau berobat ya terpaksa datang ke rumah kontrakan Bu bidan itu," Ucapnya.

Itupun sambungnya lagi, kalau pas ibu bidan itu belum berangkat ke puskesmas induk kalau sudah pergi kami pun bingung karena dari dusun kami menuju puskesmas induk  jauh,"ungkap Tamira.


Ramlah (43) warga yang sama 
juga mengelukan, kami sangat jauh bila harus berobat ke puskesmas induk  yang terletak di Kecamatan.Jadi, kami warga dusun 3 Desa Sukajadi berharap kepada Pemerintah Kabupaten Sergai, khususnya Dinas Kesehatan Sergai untuk segera melakukan perbaikan gedung Puskesmas Pembantu (PUSTU) kami.

"Kami mendengar kabarnya mau diperbaiki tapi sudah bertahun tahun belum juga dan masih seperti itu terlihat semak dan semakin hancur,"cetusnya.


Saat di konfirmasi PAB Indonesia. co.id terkait pustu yang terletak di dusun 3 Desa Sukajadi  Kecamatan Tanjung Beringin Sergai, Ketua BPD Aripin S.pd mengatakan, sangat menyangkan atas kurangnya perhatian Pemkab Sergai dan Dinkes Sergai yang terlalu Lama' memproses pembangunan Pustu dusun 3 Desa Sukajadi.Karena,pasilitas dan pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan masyarakat.

"Kita ketahui pembangunan direncanakan pada tahun 2020 namun hingga sekarang belum ada kejelasannya. Kita Berharap Pustu tersebut segera di bangun agar Kesehatan masyarakat terlayani dengan maksimal.,"ujarnya.

Sementara Kepala UPT  Puskesmas Tanjung Beringin Drg. Cut Elna M saat dihubungi PAB Indonesia.co.id melalui via pesan WhatsApp dan telpon selulernya tidak ada balasan dan jawaban.(Bambang)

Akses pab-indonesia.co.id Via Mobile m.pab-indonesia.co.id
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »