Menteri ESDM Resmikan Pusat Informasi Geo Park Danau Toba

Menteri ESDM Resmikan Pusat Informasi  Geo Park Danau Toba

MEDAN,(PAB)----Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba telah diresmikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan disaksikan Wagubsu Dr Nurhajizah Marpaung, Kamis (18/1) di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

 

Pada kegiatan itu Wagubsu juga menyaksikan penandatanganan naskah penyerahan Pusat Informasi yang disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun yang diterima Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga. Wagubsu pada kesempatan itu mengharapkan kementerian ESDM terus mendukung pengembangan Geopark Kaldera Toba (GKT) seperti pusat-pusat informasi yang sedang dan akan dipersiapkan yaitu Tongging kabupaten Karo, Huta Ginjang Kabupaten Tapanuli Utara), Sipinsur kabupaten Humbang Hasundutan, Silalahi kabupaten Dairi dan Galery di Sigulatti kabupaten Samosir.

 

"Kami mohon dukungan yang kuat dari Bapak Menteri, karena dukungan ini sangat penting dalam pencapaian Geopark Kaldera Toba," ujar Wagubsu. Yonan dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kedepan Geo Center (pusat informasi) ini dapat berkembang menjadi Geo Center berstandar internasional. "Tolong agar dapat dioperasikan dengan baik.

 

Kita bantu dan dukung Pemkab untuk mengisi dan mengoperasikan. Ini adalah salah satu geopark di atas gunung yang terbesar di dunia, bahkan di Eropa saya tidak lihat yang sebesar ini. Tantangannya adalah bagaimana membuatnya menjadi pusat tujuan wisata," ujar Jonan.(Junaedi)

Berita Lainnya

Index