Peduli Lingkungan, LPMK Bukit Batrem Kota Dumai Bersihkan Taman Pemakaman Umum (TPU).

Peduli Lingkungan, LPMK Bukit Batrem Kota Dumai Bersihkan Taman Pemakaman Umum (TPU).

DUMAI, (PAB)---

Dengan didukung cuaca cerah, LPMK Bukit Batrem adakan gotong royong (goro) sebagai aksi peduli kebersihan kelurahan terutama Taman Pemakaman Umum (TPU),Minggu (14/06/2020).

Bermodalkan peralatan sederhana, seperti mesin potong rumput, cangkul 3 pcs, parang tebas 3 pcs, 3 unit cikrak/pengki, pompa pikul kap penyemprot racun rumput dan arit 2 pcs; area TPU dan Rumah Singgah, yang berketepatan berada di samping TPU, dibersihkan.

Sebelum aksi dilakukan, terlebih dahulu briefing dan doa dilakukan dengan dipimpin ketua LPMK.

Dengan diketuai Asman Koto bersama 9 orang anggota dan mantan ketua Rt.11 Azwir Lubis, ke 10 anggota LPMK melakukan aksi tersebut dengan sigap dan semangat. Rumput panjang ditebas, bebatuan disingkirkan dan ditumpuk, disapu,  potongan kayu dan dedaunan di tumpuk langsung dibakar.

Rumah Singgah (RS) yang di buat, berasal dari inisiatif program LPMK dan hasil swadaya masyarakat dengan dibantu beberapa perusahaan ring 1 Bukit Batrem.

Dengan ukuran 3x6 meter, bangunan batu sudah tampak hampir rampung. Dinding terbuka setinggi 1 meter, beratap seng, dan 2 buah bilik belum berdaun pintu. 

Kayaknya masih butuh tambahan biaya untuk merampungkan sampai selesai. Terlebih Asman Koto berkata "kita rencanakan akan dibuat tangki air 2 ton 2 unit, pompa dan sumur bor. Semoga ada donatur yang tergerak membantu".

Adapun kegunaan RS itu sendiri, menurut Asman Koto "untuk jangka pendek, sebagai tempat istirahat dan berteduh. Untuk jangka panjangnya, bila sudah beroperasi, keuntungan penjualan air akan digunakan untuk kepentingan perawatan TPU". Dan diamini oleh pengurus LPMK yang lain.

RS itu sendiri nantinya setelah selesai, oleh LPMK akan diserahkan kepada pengurus TPU.

Ketika mencoba menghubungi salah satu warga masyarakat, untuk dimintai tanggapannya tentang kegiatan goro tersebut, yang kebetulan juga duduk sebagai anggota DPRD kota Dumai periode 2019-2024, dan bertinggal di kelurahan Bukit Batrem Rt 7, yaitu Marahamdan Harahap dari fraksi Demokrat, panggilan WA Kompasriau.com direjeck 2 kali.

Bahkan pesan wa Pab ke no si dewan, dengan no 08126655xxxx, ditanggapi dingin. Bahkan pesan yang sudah diterima dan dibaca  langsung dihapus.

Turut hadir wakil ketua LPMK Mustafa Kamal, sekretaris Misliana dan wakil sekretaris Arpan Marwazi Harahap. Usai goro, semua jajaran pengurus LPMK berfoto bersama sambil meneriakkan yel-yel semangat.(Eli)

Berita Lainnya

Index