Pemko Medan Gelar Ujian Kenaikan Pangkat ASN TA 2019

Pemko Medan Gelar Ujian Kenaikan Pangkat ASN TA 2019

MEDAN,(PAB)----

Pemko Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah dan.Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD&PSDM) menggelar Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahun Anggaran 2019 di Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK), Jalan Setia Budi Medan, Kecamatan Medan Helvetia, Jumat (20/9).

Tujuannya untuk menguji kemampuan dan kompetensi serta menjadi salah satu syarat bagi para aparatur sipil negara (ASN) untuk memperoleh jenjang pangkat yang lebih tinggi.

Ujian yang diikuti sebanyak 126 peserta dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut dibuka Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Kepala BKD&PSDM Kota Medan, Muslim Harahap.

Nantinya, para peserta akan menerima materi dasar dan mekanisme umum pelaksanaan ujian oleh narasumber yang dihadirkan yakni dari Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VI Medan.

Wali Kota Mesan dalam sambutannya yang disampaikan Kepala BKD&PSDM, Muslim Harahap mengatakan ujian kenaikan pangkat merupakan bentuk perhatian Pemko Medan sekaligus memberi kesempatan bagi ASN agar dapat mengembangkan potensi dan kapasitasnya untuk naik pangkat melalui ujian.

Dengan harapan, dapat diperoleh dan terbentuk ASN yang mumpuni dan kompeten sehingga memberi dampak signifikan dalam tatanan birokrasi pemerintahan.

"Ujian ini menjadi wujud kepedulian Pemko Medan untuk memberi kesempatan bagi ASN agar dapat menaiki dan memperoleh kenaikan pangkat yang sesuai dengan pendidikan dan kompetensinya. Oleh karenanya, kami berharap para peserta dapat mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh sehingga dapat menjawab sejumlah pertanyaan dengan teliti dan benar," kata Muslim.

Selain untuk kenaikan pangkat, Muslim mengungkapkan ujian tersebut juga untuk membentuk karakter ASN yang kapabilitas dan berintegritas serta memiiliki loyalitas tinggi dalam bekerja sehingga mampu memberi sumbangsih untuk mendukung percepatan pembangunan kota yang nantinya bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

"ASN merupakan seorang abdi negara dan abdi masyarakat yang bertugas sebagai pelayan bagi masyarakat. Untuk itu, jika nantinya seluruh peserta lulus dalam ujian dan berhasil memenuhi kualifikasi, hendaknya dapat berbuat, bertindak dan berlaku sesuai tingkatan pendidikan dan pangkat yang diemban. Jadilah contoh dan mitra yang baik sehingga tupoksi dapat berjalan dengan maksimal," pesannya.

Terakhir dalam arahannya Muslim mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang berkesempatan mengikuti ujian kenaikan pangkat tersebut. Dirinya mengingatkan, agar nantinya amanah baru yang diemban dapat dijalankan sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku. "Selamat mengikuti ujian, semoga saudara semua mendapat hasil yang memuaskan," ujarnya.

Sebelumnya Kabid Pengembangan SDM, Saleh Adrian dalam laporannya menjelaskan tujuan ujian ini secara umum untuk memberi kesempatan ASN dalam kenaikan pangkat di instansi masing-masing. Ujian ini bilang Saleh berlangsung selama satu hari dan diikuti sebanyak 126 peserta dari golongan II D dan III D.(Evi)

Berita Lainnya

Index