Kapolres Belawan Gandeng Komunitas Sampah Wujudkan Lingkungan Bersih, Sehat Berpenghasilan Ekonomi

Kapolres Belawan Gandeng Komunitas Sampah Wujudkan Lingkungan Bersih, Sehat Berpenghasilan Ekonomi
Foto: Surya Atmaja

BELAWAN,(PAB)----

Kebersihan diri dan lingkungan cerminan bersihnya sebuah hati, hati itu yang juga dimiliki Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan SH MH yang selalu mengiginkan terciptanya kebersihan di lingkungan kerja maupun dilingkungan tempat tinggal maka hal yang wajar kebersihan bagian keutamaan yang meski dijaga dan dilestarikan dilingkungan kerja dan dilingkungan wilayah hukumnya.

Ikhwan Lubis mengajak semua pihak khususnya yang terlibat dalam mengelolah sampah untuk mewujudkan pola hidup bersih, sehat dan sejahtera.

Salahsatu langkah yang perlu dilakukan dengan membuat sampah yang tak ada nilainya menjadi punya nilai ekonomi bagi masyarakat berupa kreatifitas pengolahan sampah menjadi benda- benda yang dapat dijual sebagai tambahan income masyarakat.

Seiring mengingat Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Ikhwan Lubis sosialisasi kebersihan lingkungan dari sampah dengan mengunjungi masyarakat lingkungan 25 Jln.Bom Lama Kecamatan Medan Labuhan.Jumat (20/9/19) pukul 10.00 Wib.

Kunjungan dan sosialisasi Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH.MH turut bersama Muspika Kecamatan, Kelurahan, dan Kepala Lingkungan 25, kelurahan pekan labuhan, Kecamatan Medan Labuhan bersama kelompok komunitas Peduli Sampah melakukan aksi membersihkan sampah sampah yang berada di pinggiran bantaran sungai Deli secara gotong royong bersama masyarakat.

Ikhwan lubis menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan sebab prilaku buang sampah sembarangan sangat merugikan kehidupan karena sangat berdampak pada pencemaran tanah, dan air juga udara yang bisa membawa biang penyakit.

Guna menekan jumlah sampah dapur, Ikhwan  mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dengan mengumpulkan sampah- sampah rumah tangga untuk dikumpulkan agar dijual menjadi bahan dasar daur ulang.

"Yang setiap kilogramnya akan di bayar setiap bulan melalui bank sampah, kita akan bekerjasama dengan kepala lingkungan dan bank sampah agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan dan menumbuhkan rasa peduli lingkungan bagi masyarakat."Himbau Ikhwan.

Lebih jelas ketua komunitas sampah dan bank sampah, Jony Pranata menyampaikan kepada masyarakat yang hadir bahwa sosialisasi pemanfaatan sampah merupakan kerjasama yang telah dijalin Kapolres Pelabuhan Belawan dan bersifat  berkelanjutan agar masyarakat sadar atas kebersihan lingkungannya dan menjadi sumber penghasilan tambahan bagi tiap-tiap rumah tangga.

Dikesempatan itu, Kepala Lingkungan 25, Safarudin turut mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan menjaga kebersihan bantaran pantai Deli.

"Diharap kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah lagi di lingkungan masing masing dan tetap selalu jaga kebersihan,karna kebersihan sebahagian dari iman karena sampah bisa menjadi sumber segala penyakit. masyarakat harus mempunyai kesadaran dari diri sendiri tentang kebersihan di lingkungan nya, disetiap hari rabu pihak dari kelurahan pekan labuhan selalu mengajak bergotong royong,mari kita galakkan kebersihan supaya di lingkungan kita tampak bersih dan asri."pungkasnya 

Pantauan pab-indonesia.co.id dilapangan, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan SH MH di dampingin para PJU polres Pelabuhan Belawan,Wakapolsek Medan Kabuhan AKP Ponijo Sos,tokoh masyarakat H.Samsul Bahri,Jony Pranata selaku komunitas sampah dan bank sampah,Kepling Link. 25 Safarudin ,tokoh nelayan yang mewakili Rusli serta Masyarakat Pekan Labuhan.(surya atm)

Berita Lainnya

Index