HUT RI Ke-74, 696 Warga Binaan LAPAS Kelas II A Pematangsiantar dapat Remisi

HUT RI Ke-74, 696 Warga Binaan LAPAS Kelas II A Pematangsiantar dapat Remisi

PEMATANGSIANTAR,(PAB)----

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 74 menjadi momen bahagia bagi seluruh warga Indonesia. Tak terkecuali bagi mereka yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pematangsiantar.

Pelaksanaan upacara di Lapas ini terlihat para petugas dan warga binaan mengenakan seragam maupun baju adat dan budaya nasional diantaranya, pakaian adat Batak, Jawa, Sunda dan suku lainnya. Tak terkecuali bagi Kepala Lapas Kelas II A Porman Siregar, Amd.IP, SH, MH  yang juga menggunakan pakaian adat. 

Dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia memberikan remisi kepada 696 orang narapidana dan anak pidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pematangsiantar yang diserahkan oleh Kepala Lapas (Kalapas) Porman Siregar, Sabtu (17/8/2019).

Kepada wartawan seusai upacara dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke 74 tahun, Kalapas merinci ke 696 warga binaan yang memperoleh remisi 24 orang dinyatakan bebas dan 13 orang lainnya masih menjalani subsider atau denda.

"Namun jika subsidernya dibayarkan hari ini, 13 orang tersebut bisa langsung bebas," ujar Porman Siregar.

Ditambahkan Porman Siregar bahwa remisi diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada warga binaan yang beritikad dan berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman. Remisi juga diberikan sebagai bentuk apresiasi atas upaya perbaikan cerminan diri bagi para warga binaan.

"Selamat kepada warga binaan yang mendapatkan remisi. Bagi yang bebas hari ini, jadilah insan-insan mutiara di tengah-tengah masyarakat," harap Porman.

Saat ini, Lapas kelas II A Pematangsiantar dihuni 2045 warga binaan, sementara kapasitasnya hanya 550. Sehingga memang sudah sangat over kapasitas. Dalam hal ini Porman Siregar mengharapkan agar pemerintah segera menambah bangunan ruang untuk menghindari persoalan yang tidak diharapkan. (MS/Red)

Berita Lainnya

Index