Tengku Muhammad Idrus Paparkan Vertikultur Budidaya Tanaman kepada Mahasiswa USU

Tengku Muhammad Idrus Paparkan Vertikultur Budidaya Tanaman kepada Mahasiswa USU
Foto: Bambang

SERGAI,(PAB)----

Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) Gelar kegiatan Vertikultur budidaya Tanaman di Desa Pematang Ganjang,  Kecamatan Sei Rampah,  Serdang Bedagai,  Kamis (25/07/2019) 

Instruktur pelatihan,vTengku Muhammad Idrus yang memaparkan penjelasan tentang 
vertikultur, vertikultur adalah suatu teknik bercocok tanam diruang sempit dengan memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat bercocok tanam yang dilakuan secara bertingkat,  umumnya vertikultur dilakukan menggunakan bangunan atau model wadah tertentu untuk penanaman, tergantung kondisi tempat dan keinginan setiap orang. 

Kegiatan vertikultur sekaligus dapat memanfaatkan barang-barang bekas seperti kaleng bekas, gelas bekas air mineral, karung bekas beras dan lain-lain yang tidak dapat terurai oleh mikrorganisme. Sehingga kita mampu berperan aktif untuk meningkatkan nilai tambah barang bekas serta mengurangi pencemaran lingkungan oleh penumpukan sampah-sampah. Ujarnya

Ia juga menambahkan tujuan Vertikultural, memanfaatkan lahan yang sempit secara optimal, Perawatan lebih mudah dan simple, pertumbuhan lebih cepat, bila perawatan dilakukan tepat, pemanenan cukup mudah dan tidak menguras energi banyak pemupukan juga lebih hemat dan iirit. 

Budidaya tanaman sayuran secara vertikultur dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar sangat baik,  terlebih di desa ini masih banyak hal hal yang bisa di manfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan vertikutur. Tutupnya (Bambang)

Berita Lainnya

Index