Tinjau Proyek Masjid Terbesar Eropa, Dubes RI Tanam Pohon Persahabatan

Tinjau Proyek Masjid Terbesar Eropa, Dubes RI Tanam Pohon Persahabatan
Dubes Indonesia untuk Rusia dan Belarusia M Wahid Supriyadi dan Menteri Kebijakan Nasional dan Agama Republik Dagestan Enrik Muslimov bersama Menteri Kebijakan Nasional dan Agama Enrik Muslimov dan anggota Komite Hubungan Luar Negeri Duma Negara Federasi

MOSKOW,(PAB) ----

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Rusia dan Belarusia, M Wahid Supriyadi, berkesempatan meninjau proyek pembangunan masjid dan pusat studi Islam saat menyambangi Dagestan. Dalam kesempatan itu, Wahid menanam pohon persahabatan di kompleks proyek yang nantinya akan menjadi yang terbesar di kawasan Eropa.

Penanaman pohon persahabatan dilakukan bersama Menteri Kebijakan Nasional dan Agama Enrik Muslimov dan anggota Komite Hubungan Luar Negeri Duma Negara Federasi Rusia, Gadjimurad Omarov.

“Semoga pohon persahabatan ini dapat menjadi penanda kedekatan perasaan dan keakraban warga kedua bangsa," kata Dubes Wahid dalam rilis yang diterima Sindonews, Sabtu (30/3/2019).
 



Masjid ini nantinya akan dinamanakan sesuai nama Nabi Muhammad SAW, sedangkan Pusat Studi Islam akan dinamakan sesuai nama Nabi Isa AS. 

Kompleks yang terdiri dari masjid, pusat studi dan museum perkembangan Islam menempati lahan seluas 35 hektar. Masjid diproyeksikan akan memiliki daya tampung 22.000 orang, dengan luas bangunan 30.000 meter persegi. Pendanaan pembangunan kompleks masjid ini sepenuhnya atas dana swadaya masyarakat.

Sebelumnya Dubes RI bertemu dan berdialog dengan Mufti Republik Dagestan, Akhmad Abdulaev, di kompleks Masjid Juma Makhachkala yang merupakan masjid yang tidak hanya terbesar di Rusia tetapi juga di Eropa, dengan kapasitas daya tampung hingga 17.000 orang.

Mufti Abdulaev yang telah menjabat selama 20 tahun ini menyambut dengan penuh haru dan suka cita atas kunjungan Dubes RI karena baru pertama kalinya Dubes RI datang ke masjid ini.

"Satu kali melihat langsung jauh lebih baik dan bermakna daripada seribu kali mendengar," demikian disampaikan Mufti Abdulaev untuk menekankan betapa bermaknanya kunjungan Dubes Wahid bagi masyarakat Muslim Dagestan.(int) 

Berita Lainnya

Index