Pertamina Hulu Temukan Cadangan Minyak Baru Di Riau

Pertamina Hulu Temukan Cadangan Minyak Baru Di Riau
Dokumentasi Pertamina

SIAK, (PAB) ----

Badan Operasi Bersama PT Bumi Siak Pusako dengan Pertamina Hulu atau BOB, berhasil menemukan cadangan minyak baru. Cadangan itu yang berasal dari sumur Benewangi, Siak, Riau, yang digali pada 22 Desember 2018. 

Penemuan cadangan minyak ini merupakan capaian yang baik di awal 2019. Artinya BOB PT BSP-Pertamina Hulu dapat meningkatkan hasil produksinya.

Direktur Eksplorasi Pertamina Hulu Energi Abdul Mutalib Masdar, manajemen PT Bumi Siak Pusako didampingi oleh General ManagerBOB PT BSP-Pertamina Hulu, Riry Wurestya Hady pun meninjau langsung ke lokasi sumur Benewangi di Desa Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak.

Abdul berharap BOB segera menyiapkan strategi berikutnya berupa post drill analysis. Hal itu untuk memastikan jumlah cadangan yang sudah ditemukan dan kemudian melakukan produksi untuk dikomersialkan.

"Jadi kalau kita melihat kondisi existing, kita dapat segera melakukan komersialisasi atau POP (Put on Production), dan harus segera dilakukan evaluasi agar dapat melakukan lagi pengeboran sumur lainnya di sekitar sumur Benewangi ini," ujar Abdul dikutip dari keterangan resminya, Senin 11 Februari 2019. 

Sementara itu, Riry Wurestya bersyukur atas temuan ini. Untuk itu, operasi pemboran sumur eksplorasi Benewangi dapat berjalan sesuai dengan rencana dan aman. 

"Alhamdulillah, atas semua rahmat yang telah Allah berikan. Meskipun dalam pelaksanaan kami menemukan beberapa kendala namun berakhir baik dengan berhasil dengan discovery". ungkapnya. 

"Kita tidak akan berhenti di sini dan akan berusaha untuk mencari cadangan-cadangan minyak lainnya. Untuk meningkatkan produksi nasional yang nantinya akan dinikmati oleh masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Dari hasil tes yang sudah dilakukan, didapatkan minyak yang berasal dari sumur Benewangi #J-01 dengan total kedalaman 2.800 ft MD ini mengalir ke permukaan secara alamiah (natural flowing) dari dua prospek lapisan.

Sementara itu, BOB PT BSP-Pertamina Hulu masih mengevaluasi lanjut untuk menghitung besaran cadangan dan produksi yang akan dihasilkan. “Dengan keberhasilan pemboran ini, Insya Allah akan menambah produksi minyak kami saat ini," ujarnya. (Viva.com)

Berita Lainnya

Index