Pangdam I/BB Pastikan Keselamatan dan Keamanan Presiden saat Hadiri Perayaan Natal Nasional di Medan

Pangdam I/BB Pastikan Keselamatan dan Keamanan Presiden saat Hadiri Perayaan Natal Nasional di Medan

MEDAN,(PAB)----

Presiden dijadwalkan menghadiri sejumlah acara, mulai dari silaturahim dengan Syekh Haji Hasyim Al Syarwani dan santri di Pondok Pesantren Tuan Guru Babussalam, Kabupaten Langkat.

Dari bandara, Presiden beserta rombongan menempuh perjalanan darat selama sekitar dua jam.

Setelah itu, Presiden Jokowi akan menghadiri acara Natal Nasional di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Jalan Willem Iskandar, Medan.

Lalu Presiden akan langsung bertolak kembali ke Jakarta.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Presiden tampak didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. 

Pangdam I/BB Mayjend TNI Sabrar Fadhillah enggan menyebutkan berapa kekuatan personel yang dikerahkan mengamankan kehadiran orang nomor satu di negeri ini ke kota Medan. Yang terpenting, imbuhnya, keselamatan dan kenyamanan Presiden adalah urusannya.

"Sekali lagi soal jumlah personel hanya saya yang tahu. Urusan saya. Yang jelas pengamanan ini harus maksimal, supaya Presiden beserta rombongan disini nyaman karena ini rumah kita," ucap pria dengan dua bintang di pundak ini.

Memimpin langsung 1.000 personel yang terdiri dari unsur TNI-POLRI dan jajaran Forkopimda, Pangdam I/BB Mayjend TNI Sabrar Fadhillah mempertegas bahwa keselamatan presiden di Medan adalah kehormatan dan martabat bangsa. Selain itu, keamanan dan kenyamanan Presiden adalah bentuk wibawa pemerintah.

"Pengamanan VVIP (Presiden) bertujuan untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi serta menjamin keamanan wilayah yang dikunjungi oleh VVIP setiap saat dimanapun berada. Ancaman terhadap VVIP bukan hanya merupakan ancaman terhadap keselamatan dan keamanan VVIP saja, namun juga ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan Negara, martabat serta kewibawaan Pemerintah," ucap Pangdam di Halaman Gedung Serbaguna Unimed, Jalan Willem Iskandar, Deliserdang, Sabtu (29/12/2018) pagi, sekira pukul 08.00 WIB.

Oleh karena itu, ujar Pangdam, untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman tersebut, TNI bersama institusi terkait perlu menyelenggarakan operasi pengamanan secara terpadu. Penyebabnya ancaman gangguan keamanan seiring perkembangan teknologi dari waktu ke waktu semakin kompleks dan dinamis.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan satgaspam (satuan tugas pengamanan) dan subsatgaspam secara keseluruhan, baik personel, materiil maupun sarana pendukung pengamanan lainnya.

"Selaku Pangkoops Pam VVIP, saya harus dapat meyakini bahwa Satgaspam dan Subsatgaspam sudah memiliki kesiapan operasional yang mampu untuk menangkal berbagai kerawanan dan kontijensi yang diprediksikan dapat terjadi," sambungnya.

Mulai dari H-1 sampai dengan selesainya kunjungan kerja Presiden RI dan Ibu Hj Iriana Joko Widodo. Personel Pam VVIP akan ditempatkan di lokasi yang menjadi sasaran kunjungan. Sehingga pada pelaksanaan operasi pengamanan lebih ditingkatkan aspek koordinasi dan kerjasama, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pangdam mengimbau satgaspam selalu mengantisipasi setiap perkembangan situasi di lapangan maupun dari pihak tertentu yang ingin mengganggu kelancaran, ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan Kunker ini.

Selanjutnya, eks Kapuspen TNI ini menekankan bahwa Pam VVIP ini harus berhasil dan tidak ada kata “ulangi” serta jangan dianggap sebagai rutinitas, sehingga mengabaikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Diharapkan para Dansatgaspam dan Subsatgaspam mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal, serta mampu dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

Dalam apel kali ini, Dandim 0201/BS Kolonel Inf Yuda Rismansyah didapuk sebagai pemimpin upacara. Acara apel pun turut dihadiri langsung Kasdam I/BB Brigjen TNI Hasanuddin, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardias Kusin Dwihananto, jajaran Kabinda Provsu, Irdam I/BB, para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, para pejabat Poldasu, para Dansat se-wilayah Medan.(evi)

Berita Lainnya

Index