Dandim 0206/Dairi Gelar Kejuaraan Renang Pelajar Se-Kabupaten Dairi

Dandim 0206/Dairi Gelar Kejuaraan Renang Pelajar Se-Kabupaten Dairi
Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto beri sambutan dan membuka kejuaraan renang tingkat pelajar.

DAIRI,(PAB)----

Kodim 0206/Dairi dan pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Dairi menyelenggarakan kejuaraan renang tingkat pelajar, SD, SMP, SMA sederajat yang dilaksanakan di kolam renang Tirta Yudha Karina jalan Keluarga Berencana Sidikalang, Sabtu (1/12/18).

Guna menumbuhkan kembangkan minat olahraga renang di Kabupaten Dairi, Kejuaraan renang memperebutkan piala Dandim 0206/Dairi tersebut, diikuti 200 pelajar dari 25 sekolah se-Kabupaten Dairi, yang memperlombakan renang gaya dada dan gaya bebas tingkat putra dan putri.

Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto menjelaskan, kejuaran renang yang dilaksanakan pertama kali ini, pada mulanya atas inisiatif para guru olah raga di Kabupaten Dairi. Atas inisiatif itu, Kodim 0206/Dairi pun mendukung penuh kejuaraan perlombaan renang tersebut.

“Selaku Dandim 0206/Dairi, saya mendukung penuh inisiatif tersebut dan saya juga sudah lama berkeinginan perlombaan renang dapat dilaksanakan. Sehingga bisa meningkatkan prestasi dan membangkitkan minat anak-anak dalam olahraga renang di Kabupaten Dairi,”kata Hadi.

Disebutkannya, selama ini para adik-adik pelajar hanya berlatih dan mandi di kolam renang milik Kodim ini dan sekarang sudah ada sarana untuk mengukur kemampuan melalui kejuaraan renang ini. Sehingga ini bisa menambah giat lagi bagi adik-adik untuk melatih kemampuan renang.

Sebagai pengalaman, khususnya bagi adik-adik yang berkeinginan menjadi anggota TNI-Polri, renang ini menjadi syarat utama agar lulus menjadi anggota TNI-Polri.

“Dari pengalaman, banyak pemuda yang gagal masuk menjadi anggota TNI-Polri, karena banyak kelemahan terutama olahraga renang. Begitu saat di test renang memang kemampuannya kurang. Mungkin karena kurang banyak berlatih, melalui kejuaran-kejuaran renang ini, diharapkan bisa menambah minat kita untuk berlatih,”sebut Hadi menyemangati para peserta.

"Laksanakan lomba dengan baik dan perhatikan faktor keamanan karena itu merupakan hal yang utama. Sebagus apapun kegiatan bila ada menyebabkan suatu kecelakaan, berarti kegiatan itu dianggap gagal" tegasnya.

Hadi berharap kepada penyelenggara, agar betul-betul diperhatikan keamanan dan berjalannya pertandingan secara fair, dan perlu menyampaikan teknis pertandingan, sehingga tidak adanya protes-protes dan hal-hal yang tidak diinginan, pungkasnya.

Ketua PRSI Dairi, Juanto Angkat mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0206/Dairi dan panitia atas kerjasamanya, sehingga kejuaraan renang ini dapat terlaksana.

"Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk kedepannya, apalagi kejuaraan ini memperebutkan piala bergilir dan ini masih tingkat belajar, bagi adik-adik yang meraih juara, nantinya akan kita perhatikan untuk menjadi utusan atlet renang ke tingkat Provinsi, Nasional maupun internasional,”ujar Juanto. (Evi)

Berita Lainnya

Index