Jelang Akhir Tahun DJP Riau optimis, Pencapaian WP Dekati Target

Jelang Akhir Tahun DJP Riau optimis, Pencapaian WP Dekati Target
Kepala Bidang P2Humas, DJP Kanwil Riau, Halim Hasibuan

PEKANBARU,(PAB)----

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah (Kanwil) Riau, mengaku optimis dengan hasil pencapaian target Wajib Pajak (WP) mendekati tutup buku di akhir tahun 2018.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang P2Humas, DJP Kanwil Riau, Halim Hasibuan, usai menggelar Gathering bersama media, Rabu (29/11/18) malam. 

Menurutnya, gathering yang diselenggarakannya saat ini tak lain untuk sekadar melakukan sosialisasi dan penyuluhan terhadap WP demi mewujudkan generasi yang memiliki kesadaran pajak.

"Terutama yang paling penting itu orang pribadi dan badan. Bagaimana SPT tahunan sesuai dengan yang ditetapkan dalam satu tahun. Untuk orang pribadi di bulan Maret dan untuk badan di Bulan April," Kata Halim, kepada wartawan.

Disebutkannya, hingga memasuki akhir bulan November tahun 2018, pencapian WP di Provinsi Riau sudah mendekati angka 74 persen dari pencapaian DJP Pusat untuk target nasional sebesar 92 persen. 

"Kalau sekarang diangka 17 Triliun atau 75 persen dari pencapaian target. Untuk angkanya akhir akan kita publikasikan pada tanggal 31 Desember 2018 bulan depan," jelasnya.

Untuk diketahui, Pajak merupakan tulang punggung dan sumber pendapatan negara untuk menggerakkan roda perekonomian prasarana jalan, dan lainnya.

Untuk pajak sendiri dari APBN porsinya 70-80 persen. Apabila penerima pajak menurun, APBN bisa defisit. Sebab, pembiayaan APBN sumber utama nya berasal dari pajak. Jika pajak meningkat, maka APBN juga meningkat.(beritariau)

Berita Lainnya

Index