Pendiri Microsoft Paul Allen Meninggal Dunia

Pendiri Microsoft Paul Allen Meninggal Dunia
Pendiri Microsoft, Paul Allen tutup usia. (Foto: REUTERS/Mark J. Rebilas)

JAKARTA,(PAB)----

Pendiri MicrosoftPaul Allen meninggal dunia pada Senin (15/10) di usia ke-65 tahun. Keluarga mengonfirmasi kabar meninggalnya Allen setelah berjuang melawan komplikasi kanker limfoma non-hodgkin, jenis kanker yang menyerang sel darah putih yang ada di kelenjar getah bening, limpa, dan organ di dalam sistem kekebalan tubuh lainnya.


Awal Oktober lalu, Allen mengungkapkan bahwa ia tengah menjalani perawatan intensif. Sebelumnya ia sempat dinyatakan pulih dari kanker setelah mendapat perawatan radiasi.

Dilaporkan Reuters, di tahun 2009 Allen didiagnosa mengidap kanker jenis lain. Kondisinya dikabarkan semakin memburuk pada 2018. Selain mengidap kanker limfoma, Allen diketahui juga mengidap jenis kanker lainnya pada awal 1980-an sebelum resmi hengkang dari Microsoft.


Bersama Bill Gates, Allen mendirikan Microsoft yang kini menjelma menjadi salah satu raksasa teknologi dunia. Usia yang terpaut dua tahun lebih tua dari Gates tak membuat keduanya menyamakan visi untuk mendirikan perusahaan.


Sama halnya dengan Gates yang tak merampung studi, Allen juga dikeluarkan dari Washington State University pada tahun 1974. Selepas drop out, ia kemudian bekerja dengan Honeywell di Boston. 

Pertemuan keduanya berawal dari sebuah ruang komputer di Lakeside School, Seattle pada tahun 1968. Keduanya diketahui memiliki ketertarikan yang sama di bidang komputasi. Allen juga menjadi sosok yang mendorong Gates untuk meninggalkan bangku kuliah demi mengembangkan bisnis.

"Pada masa itu (awal mengembangkan Microsoft) kami hanya bermain-main, atau begitulah yang kami kira," kenang Gates mengenai sosok Allen yang dituangkan dalam bukunya "The Road Ahead".Sebelum merajai bisnis peranti lunak, Allen justru memilih untuk hengkang pada tahun 1983 dari perusahaan yang didirikannya. selisih paham antara keduanya mendorong Allen untuk meninggalkan mitra bisnisnya.


Meski tak lagi bergelut di ranah teknologi, pecinta musik ini dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan dermawan. Ia diketahui merogoh lebih dari US$1 miliar untuk sebagian besar proyek filantropi di South Lake Union Seattle, AS. Di area yang sama, ia juga membangun Allen Institute untuk pengembangan ilmu otak.

Allen dikenal sebagai pebisnis, investor, dan seorang filantropi. Kekayaannya diperkirakan mencapai US$20,3 miliar sehingga menjadikannya sebagai orang paling kaya ke-46 di dunia.

Paul Gardner Allen lahir pada 21 Januari 1953 di Seattle dari pasangan ayah seorang pustakawan dan ibu seorang guru. (cnn)

Berita Lainnya

Index