Selain Senam Jantung Sehat, Pemko Medan Turut Deklarasi Eco Camp Yayasan Seri Amal

Selain Senam Jantung Sehat, Pemko Medan Turut Deklarasi Eco Camp Yayasan Seri Amal

MEDAN,(PAB)----

Pelaksanaan Car Free Day, Minggu (30/9/18) pagi di kawasan Lapangan Merdeka berlangsung semarak. Selain diisi dengan senam jantung sehat yang digalakkan Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Sumut yang dipimpin Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH, juga diramaikan dengan Deklarasi Eco Camp Yayasan Seri Amal.

Sejak pukul 06.00 WIB, warga Medan telah berdatangan ke kawasan Lapangan Merdeka. Ribuan warga berolah raga sepeda, jalan santai, dan sebagian besar mengikuti Senam Jantung Sehat yang digelar di sepanjang Jalan Pulau Pinang. Usai senam, bergantian jalan tersebut dipadati oleh siswa-siswi Yayasan Seri Amal yang mendeklarasikan Eco Camp.

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si di hadapan ribuan anggota dan siswa Yayasan Seri Amal menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang mencerminkan kepedulian dan kecintaan lingkungan ini.

Akhyar mengatakan, kebersihan adalah kebutuhan bersama, karena itu pula menjadi tanggung jawab bersama.

"Sampah adalah tanggung jawab pribadi, bukan urusan orang lain. Kesadaran ini harus tertanam dalam diri kita," ucapnya.

Di samping itu, lanjut Akhyar harus pula disadari bahwa parit dan sungai bukanlah tempat pembuangan sampah. Sampah itu menyumbat aliran air, sehingga tumpah dan menggenang ke jalan.

Dalam kesempatan itu, Akhyar uga memuji upaya Yayasan Seri Amal yang menerapkan kebiasaan tidak memproduksi sampah di sekolah binaannya. Ini artinya tidak ada lagi tong sampah di sekolah tersebut.

Menurutnya usaha menciptakan kebiasaan siswa tidak menghasilkan sampah merupakan perwujudan penanganan sampah.

"Ada program 4 R dalam penanganan sampah, yakni yakni Reduce, Reuse, Recycle, Repair. Kurangi, Pakai Ulang, Daur Ulang, dan Perbaiki. Nah, yang kalian siswa-siswa lakukan adalah Reduce, mengurangi sampah," ujar Akhyar.

Acara pembukaan Deklarasi Eco Camp ini ditandai dengan pelepasan balon terbang Wakil Wali Kota didampingi Ketua Yayasan Seri Amal, Suster Geralda Sinaga. Selain itu juga dilakukan pembacaan Deklarasi Eco Camp Save Our Earth oleh Geralda Sinaga.

Deklarasi itu berisikan komitmen melaksanakan kesadaran baru hidup ekologi yang berkualitas, sederhana, hemat, peduli, semangat berbagi, bermakna, dan berpengharapan.(Rosen)

Berita Lainnya

Index