Kantor UPT BKN Diresmikan Wakil Gubernur Kepri

Kantor UPT BKN Diresmikan Wakil Gubernur Kepri
Wakil Gubernur Kepri, Isdianto berfoto bersama usai meresmikan Kantor UPT BKN di Kota Batam

KEPRI,(PAB)---
Wakil Gubernur Kepri H Isdianto berharap, hadirnya Kantor UPT BKN  Batam bisa memudahkan urusan kepegawian Aparatur Sipil Negara (ASN). Semua yang berhubungan dengan administrasi kepegawaian sudah bisa dilaksanakan di sini.

“Tentu ini akan memberikan keuntungan dan kemudahan bagi seluruh ASN yang ada di Kepri. Karenanya, manfaatkan benar-benar keberadaan UPT BKN Batam ini dengan sebaik mungkin,” kata Isdianto saat meresmikan  Kantor Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara Provinsi Kepulauan Riau  di Gedung Bersama Pemko Batam, Jum’at (7/9).

Menurut Isdianto, Pemerintah Provinsi Kepri sangat mengapresiasi hadirnya Kantor UPT BKN Batam. Karena keberadaannya akan memperpendek rentang urusan kepegawaian. Para pegawai tidak perlu lagi harus ke Pekanbaru atau Jakarta untuk mengurus berkas kepegawaian. Nantinya semua pemerintah daerah di Provinsi Kepri, dipersilahkan memanfaatkan keberadaan UPT BKN Batam. Mulai untuk keperluan tes ujian kompetensi berbasis pegawai hingga assesment center. Karena semua bisa dilaksanakan di sini.

Sekretaris Utama BKN Supranawan Yusuf menyatakan, hadirnya satu UPT BKN dalam satu wilayah kerja, diharapkan bisa mengoptimalkan hambatan kerja yang selama ini ada. Misalnya kebutuhan tandatangan kantor regional, cukup kepalanya yang datang ke sini. Tak perlu banyak petugas kepegawaian daerah datang ramai-ramai ke Pekanbaru.

Ditambahkan Supranawan, sebagai kantor UPT BKN ke-15 secara nasional dan yang ke dua setelah UPT BKN Padang untuk Regional 12 Wilayah Pekanbaru,  keberadaan UPT Batam harus dimanfaatkan benar-benar oleh ASN di Kepri. Supranawan menceritakan bagaimana, BKN sejauh ini terus memperbaiki sistem yang ada. Mulai dari  rekruitmen pegawai, ujian  bagi setiap calon pegawai dengan berbasis sistem Computer Assited Tes (CAT).

“Itu semua dalam rangka menghasilkan ASN yang kompetensi. Dan ini benar-benar sudah
dirasakan manfaatnya. Tepatnya sejak tahun 2014  yang lalu. Dimana kita mendapatkan pegawai yang betul – betul berkompetensi,” tegasnya.

Adapun Kepala Regional 12 BKN Pekanbaru Andrayati menjelaskan, meski UPT BKN Batam baru dibuka tepatnya di Lantai 5 Gedung Bersama Pemko Batam, tapi tahun ini Insha Allah sudah siap melakukan seleksi ASN Tahun 2018. Mengingat UPT BKN Batam keberadaannya dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung layaknya Kantor Regional.

Saat ini kantor UPT BKN Batam dilengkapi dengan 55 komputer untuk CAT. Juga ada laboraturium CAT, ruang  Assesment center, ruang monitoring, ruang administrasi hingga ruang Kepala UPT BKN. Ditambahkan Andrayati, semua fasilitas yang ada tersebut semuanya bisa dipakai untuk keperluan pegawai. Mulai ujian berbasia CAT, analisa kebutuhan pegawai,  pendidikan dan pelatihan  pegawai, promosi jabatan hingga  mengetahui hasil kompetensi pegawai.

Andrayati juga mempersilahkan pihak swasta untuk memanfaatkan fasilitas yang dimiliki UPT BKN Batam ini, jelasnya. Adapun Walikota Batam Muhammad Rudi mengapresiasi diresmikannaya Kantor UPT BKN Batam. Meski tahap awal ini kantor masih pinjam pakai, jangan khawatir, selama belum memiliki kantor sendiri, silahkan tempati saja, jelas Muhammad Rudi yang juga merasa bangga karena ASN hasil seleksi saat ini,  semua orang-orang berkompeten di bidangnya. (Moi)

Berita Lainnya

Index