Semarak 130 Tahun Istana Maimun Digelar pada Tanggal 24 sampai 26 Agustus 2018

Semarak 130 Tahun Istana Maimun Digelar pada Tanggal 24 sampai 26 Agustus 2018

MEDAN,(PAB)----

Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si mendukung dan mengapresiasi Semarak 130 Tahun Istana Maimun yang akan digelar pada tanggal 24 sampai 26 Agustus 2018. Diharapkan melalui event ini dapat mengembalikan kejayaan Istana Maimun seperti dahulu kala dan dapat menjadi destinasi Wisata budaya di Kota Medan sehingga dapat mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Demikian hal ini diungkapkan Wali Kota Medan didampingi Asisten Ekbang, Qamarul Fattah dan Kadis Kebudayaan, Suherman ketika menerima kunjungan Pengurus Yayasan Sultan Mamoen Al Rasyid (Yasmar), Tengku Mahmud Al Rasyid sebagai Ketua Harian yang hadir bersama pengurus Asosiasi Perusahaan Pelaksana dan Penyelenggara Acara (Appara) di Rumah Dinas Wali Kota, Selasa (14/8/18).

Dikatakan Wali Kota, Istana Maimun merupakan peninggalan kesultanan Deli yang sampai sekarang masih berdiri kokoh, hal ini juga membuktikan bahwa Kota Medan merupakan tanah Melayu. Untuk itu digelarnya Perayaan Ulang tahun ke 130 tahun Istana Maimun sangat bagus dan positif. Selain sebagai ungkapan rasa syukur juga untuk menjaga kelestarian kebudayaan Melayu serta dapat bermanfaat bagi generasi muda akan sejarah berdirinya Istana Maimun.

"Pemko Medan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Semarak 130 Istana Maimun, melalui event ini mari kita lestarikan kebudayaan Melayu di Kota Medan. Selain itu kita dapat memberi pelajaran kepada generasi muda akan kebudayaan dengan menjaga dan melestarikan Istana Maimun", kata Wali Kota.

Sebelum Ketua Harian

 

Yayasan Sultan Mamoen Al Rasyid (Yasmar), Tengku Mahmud Al Rasyid menjelaskan Pihaknya bersama Appara akan menggelar perayaan 130 tahun berdirinya Istana Maimun, yang dikonsep dengan "Semarak 130 Tahun Istana Maimun".

"Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk dapat menarik perhatian wisatawan lokal, nasional dan Internasional untuk dapat mengetahui dan menambah wawasan kebudayaan Melayu serta warisan sejarah Melayu yang melekat di Istana Maimun" katanya.

Dijelaskan Tengku Mahmud, bahwa dalam event ini akan ada banyak kegiatan diantaranya Pagelaran Kebudayaan Melayu, Kirab Kebudayaan Melayu, Fun Walk, Bazar Kuliner dan berbagai Perlombaan. "Kami berharap event ini akan menjadi event Kebudayaan yang digelar setiap tahunnya dalam memperingati Milad Istana Maimun", jelasnya.(Rosen)

Berita Lainnya

Index