DPRD Dukung Rencana Pemko Medan Bangun 5 Waduk

DPRD Dukung Rencana Pemko Medan Bangun 5 Waduk
Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan,

MEDAN,(PAB)----

Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Parlaungan Simangunsong sangat mendukung rencana Pemko Medan membangun waduk yang yang berencana akan membangun lima buah waduk untuk mengatasi permasalahan banjir.

” Untuk lebih cocoknya, Pemko Medan diharapkan dapat membuat sebanyak mungkin serapan air, khususnya pada titik yang rawan banjir,” ujar Parlaungan Simangunsong.

Kata Politisi Partai Demokrat ini, untuk lokasi yang lebih rendah dari waduk yang akan dibangun, diharapkan di cari solusi penanganannya. Salah satu solusinya adalah membuat pompa air di lokasi rendah untuk memindahkan air ke tempat yang lebih tinggi yaitu, waduk yang akan di bangun tersebut.

“Kondisi saat ini, drainase kota Medan yang selama ini di bangun Pemko Medan, tidak terkoneksi dengan pembuangan yang mengarah ke muara atau sungai,” terangnya.

Selain membuat waduk tambah Parlaungan, Pemko Medan juga harus melakukan normalisasi drainase serta menata ulang drainase agar terkoneksi satu dengan yang lain secara keseluruhan.

“Artinya pemetaan infrastruktur di Kota Medan belum berjalan,” kata Simangunsong.

Sebelumnya, Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution, Selasa, (7/8/2018) mengatakan Pemko Medan sudah merencanakan membuat 5 (lima) buah waduk sebagai tempat resapan dan penyimpanan ar.

Diakui Akhyar, pihaknya, sedang berupaya maksimal agar masalah banjir di Kota Medan dapat teratasi.

“Rencananya, akan ada lima waduk di buat di Kota Medan,” ucap Wakil Walikota Medan itu.

Lanjut Ahkyar, gambar waduk atau Detail Enginering Design (DED) sudah dibuat dinas Pekerjaan Umum Medan.

“Gambarnya tahun lalu sudah ada, tinggal melaksanakannya,” tuturnya.

Rencananya, lanjut Akhyar lagi, waduk itu akan dibuat di daerah Kecamatan Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Johor dan dua lokasi lainnya. Namun Ahkyar mengatakan tidak ingat lagi tepatnya tempat waduk tersebut. (evi)

Berita Lainnya

Index