BP3MI Sumut Gelar Sosialisasi Prosedur Bekerja Keluar Negeri Dan Penandatanganan Komitmen Bersama

BP3MI Sumut Gelar Sosialisasi Prosedur Bekerja Keluar Negeri Dan Penandatanganan Komitmen Bersama

BELAWAN l P A B l -  Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumatera Utara melaksanakan kegiatan sosialisasi penyebarluasan informasi peluang kerja luar negeri.Dalam upaya peningkatan layanan penyebarluasan  informasi migrasi aman di Kota Medan, Sabtu (26/10/2024)

Selain sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Medan Belawan, juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama kolaborasi Komunitas Relawan (Kawan) PMI dengan Komunitas Relawan Wak Young. Untuk Kawan PMI ditandatangani oleh Harold Hamonangan selaku Kepala BP3MI Sumatera Utara. Sedangkan Relawan Wak Young ditandatangani oleh Abdul Rahman alias Atan.

Kegiatan ini merupakan bentuk upaya kolaborasi Pemerintah melalui BP3MI Sumatera Utara dan Pemerintah Daerah Kecamatan Medan Belawan dengan Komunitas Relawan Masyarakat Pesisir Relawan Wak Young Sumatera Utara. Kepedulian serta sebagai bentuk pelindungan dan pencegahan dini atas maraknya isu masyarakat yang berangkat bekerja keluar negeri secara illegal/non prosedural.

Kegiatan sosialisasi itu dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari DPC HNSI Kota Medan, Relawan Wak Young. Serta 4  narasumber terdiri dari, Kepala BP3MI Sumatera Utara Harold Hamonangan, Camat Medan Belawan Yoga Budi P. Irawan, SSTP. MSI, Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Sumut Kompol Budi Prasetyo dan Sekretaris Relawan Wak Young Awal Yatim Syahputra.

Sementara itu Kepala BP3MI Sumatera Utara Harold Hamonangan menyampaikan bahwa penyebarluasan informasi peluang kerja luar negeri adalah proses penting dalam menghubungkan tenaga kerja di suatu negara dengan kesempatan kerja yang tersedia di luar negeri. Dan perlunya kesadaran masyarakat  untuk bekerja di luar negeri agar mengikuti prosedur sesuai ketentuan pemerintah.

Sedangkan Ketua Relawan Wak Young Sumatera Utara Abdul Rahman sangat mendukung  diadakanya  Sosialisasi Prosedur Bekerja Keluar Negeri oleh BP3MI Sumatera Utara di Kecamatan Medan Belawan. Dan sosialisasi tersebut juga  bermanfaat bagi masyarakat.

" Semoga kerja sama ini terus berlangsung. Karena kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat pesisir, khususnya masyarakat pesisir Belawan" jelas Abdul Rahman yang akrab disapa dengan Atan.[surya atm]

Berita Lainnya

Index