Road to HIM, Wali Kota Secara Simbolis Bagikan Buku Tabungan ke Siswa SD dan SMP

Road to HIM, Wali Kota Secara Simbolis Bagikan Buku Tabungan ke Siswa SD dan SMP

PEMATANGSIANTAR, (PAB)---

Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA membagikan secara simbolis buku Tabungan kepada siswa-siswi SD dan SMP. Pembagian buku tabungan tersebut dalam rangka Road to Hari Indonesia Menabung (HIM) Kota Pematangsiantar Tahun 2024, di Ruang Serbaguna Pemko Pematangsiantar, Senin (15/07/2024) pagi. Kegiatan tersebut kerja sama Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kota Pematangsiantar, dan Bank Sumut.

dr Susanti dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan kegiatan sosialisasi dan edukasi keuangan kepada siswa SD dan SMP untuk membuka tabungan di lembaga jasa keuangan formal melalui simpanan pelajar merupakan salah satu program kerja TPAKD Kota Pematangsiantar.

Kebiasaan menabung sejak dini melalui simpanan pelajar, lanjutnya, akan turut menanamkan kebiasaan perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, dan pengenalan sistem perbankan kepada pelajar melalui layanan rekening khusus pelajar.

dr Susanti mengajak seluruh pelajar untuk menabung melalui berbagai produk keuangan. Kebiasaan menabung akan mengurangi budaya konsumtif, menjadi budaya produktif.

“Menabung kita jadikan bagian untuk mempersiapkan masa depan, merencanakan masa depan, serta membuat masa depan kita lebih baik,” tukasnya.

Lebih lanjut dikatakan dr Susanti, Road to Hari Indonesia Menabung merupakan lanjutan dari Kampanye Nasional Gerakan Menabung yang sudah ada sejak 20 Agustus 1971, yang kala itu pupuler dengan sebutan Tabungan Pembangunan Nasional (Tabanas). Diharapkan dengan adanya kegiatan Road to Hari Indonesia Menabung, maka dapat menghidupkan generasi menabung sejak dini, supaya terus mendorong kegiatan inklusi keuangan di Indonesia.  

Kepada OJK dan perbankan, dr Susanti meminta agar diberikan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Serta melakukan sosialisasi tentang Gerakan Indonesia Menabung, termasuk produk tabungan yang ada.

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti memaparkan saat ini di Kota Pematangsiantar jumlah simpanan pelajar 101.226 rekening. Khusus di Bank Sumut 2.995 rekening, dengan total saldo Rp342.890.763.

Tak lupa, dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada Bank Sumut yang telah memberikan buku tabungan kepada pelajar yang dilengkapi dengan saldo tertentu. dr Susanti pun mengharapkan siswa-siswi yang menerima buku Tabungan konsisten menambah saldo tersebut.

Kepada pimpinan OPD terkait, dr Susanti mengharapkan untuk memberikan edukasi yang baik dan maksimal kepada siswa tentang sistem tabungan yang ada saat ini. Jika paham, maka siswa akan semangat menabung.

dr Susanti juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Sumut yang selalu mendukung kegiatan di Kota Pematangsiantar, baik kegiatan kemasyarakatan maupun kegiatan yang bertujuan untuk meninggkatkan perekonomian masyarakat.

Sebelumnya, Deputi Direktur Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Yovvi Sukandar menyampaikan, puncak kegiatan Hari Indonesia Menabung pada 20 Agustus. Kegiatan Road to Hari Indonesia Menabung, katanya, untuk melaksanakan Program 1 Rekening 1 Pelajar (Kejar) sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 26 Tahun 2019 untuk Memperingati Hari Indonesia Menabung pada 20 Agustus.

Menurut Yovvi, para pelajar Kota Pematangsiantar tidak bisa dikesampingkan. Sebagai salah satu bukti, banyak pegawai dan pejabat OJK berasal dari Kota Pematangsiantar.

Yovvi pun mengucapkan terima kasih kepada dr Susanti, serta memohon tetap memberikan bimbingan dan arahan kepada OJK. Tidak hanya terkait perbankan, namun juga sektor jasa keuangan lainnya demi meningkatkan perekonomian yang lebih baik di Kota Pematangsian?ar.

Acara diisi dengan pemberian buku tabungan dan suvenir secara simbolis kepada siswa SD dan SMP oleh dr Susanti dan Pimpinan Bank Sumut Cabang Pematangsiantar Suhardi Sembiring. Juga pemberian suvenir oleh dr Susanti kepada pihak OJK, dan sebaliknya.

Sebelumnya, acara diawali dengan persembahan Tortor Sombah oleh siswi SMP Negeri 12 Kota Pematangsiantar.

Turut hadir, Paramitha Nasution dan Rizka Safitri dari OJK Sumut, Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar Yudha Wirawan, perwakilan Bank Sumut Pusat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Pematangsiantar Zainal Siahaan SE MM, Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Hamdani Lubis SH, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdako Sari Dewi Rizkiyani Damanik SSTP MSP, serta para guru yang mendampingi siswa-siswi. (Rls/MS)

Berita Lainnya

Index