Walikota Buka Kejurkot Atlet Dumai 2024

Walikota Buka Kejurkot Atlet Dumai 2024

DUMAI,(PAB) ----


Kejuaraan Kota (Kejurkot) Kota Dumai Tahun 2024 resmi dibuka langsung oleh Walikota H Paisal, SKM., MARS., Sabtu (13/7/2024) sore.

Seremoni pembukaan kejuaraan atlet antar kecamatan 3 tahun sekali itu berlangsung di Halaman Mall Pelayanan Publik (MPP) dan turut dihadiri Ketua Pelaksana Kejurkot Abdul Kadir Jailani, Ketua KONI Riau, Ketua KONI Dumai Agustiawan, ST., Sekda Indra Gunawan, Kadis Kopar, para camat dan lurah, para ketua cabor dan 2.175 atlet peserta, wasit dan juri Kejurkot, Forkopimda, Ketua LAMR-Dumai, Pimpinan BUMN dan BUMD Kota Dumai, Kepala BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Ketua PWI Dumai Bambang Prayitno, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama serta instansi terkait lainnya.

Awal seremoni pembukaan dimulai dengan defile kontingen 18 cabor dihadapan para tamu undangan.

Sebagai penghormatan kearifan lokal, panitia Kejurkot menghadirkan kesenian kompang budaya Melayu dari LAMR-Dumai dan kesenian dari Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB.FOBI) Kota Dumai.

Dalam sambutannya, ketua pelaksana kejurkot Abdul Kadir Jailani ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada KONI Dumai, Pemko, berbagai instansi vertikal dan pihak swasta yang telah mendukung kegiatan Kejurkot tahun itu.

Demikian pula Ketua KONI Agustiawan juga menyampaikan bahwa Kejurkot Kota Dumai terakhir kali diselenggarakan Tahun 2021. Terkait Porprov Riau XI Tahun 2026 yang diselenggarakan di Kota Dumai dan Kabupaten Siak, akan ada 40 cabor yang dipertandingkan.

“Kejurkot Kota Dumai 2024 bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga, menjaring bibit atlet potensial, memassalkan olahraga, memberikan pengalaman bertanding, sebagai ajang evaluasi pembinaan prestasi olahraga dan menghasilkan calon atlet tingkat kota dan lain sebagainya,” ungkap Agustiawan.

"Kami bangga atlet Dumai hadir di Kejurkot hari ini. Terimakasih kepada Pemko atas support pembangunan sarana prasarana olahraga, terutama pembangunan stadion sepakbola yang sedang dikerjakan di Kelurahan Tanjung Palas," pungkas Agustiawan.

Setelah pembacaan janji wasit dan janji atlet, Walikota Paisal menyampaikan tentang dukungan Pemko Dumai yang telah dan akan membangun sarana prasarana olahraga.

"Ada beberapa sarana prasarana olahraga yang telah dan akan dibangun Pemko dan Pemprov. Lewat APBD Dumai, Pemko siap mendukung kegiatan olahraga. Kita jangan terlalu berharap dukungan anggaran dari perusahaan," mula kata Paisal.

Paisal juga mengapresiasi banyaknya potensi olahraga dan atlet di Kota Idaman itu.

"Semoga ada atlet berprestasi di Kejurkot ini yang bisa mewakili Dumai di Porprov Riau XI Tahun 2026 nanti," pungkas pria tinggi kurus berdarah Melayu Deli Serdang ini.

Usai seremonial pembukaan, cabor sepakbola merupakan pertandingan pertama yang dilangsungkan di lapangan SMKS Taruna Bukit Timah Km. 4.

Diketahui, Kejurkot Dumai Tahun 2024 berlangsung dari 13 hingga 27 Juli 2024 dan mempertandingkan 18 Cabor, diantaranya PERPANI, PERCASI, PERBAKIN, FOPI, PBSI, PSTI, PERKEMI, POBSI, PASI, FORKI, IPSI, PTMSI, KODRAT, PBVSI, PELTI, PERBASI, PRSI, PSSI dan PBFI.

Kejurkot Dumai 2024 mengambil thema "Melaju Bersama Meraih Prestasi". Tujuan digelarnya Kejurkot untuk membina para atlet sekaligus menjaring atlet berbakat yang bisa membawa nama baik Kota Dumai menghadapi Porprov 2026 mendatang.

Kejurkot Dumai Tahun 2024 berasal dari Dana Hibah KONI Kota Dumai yang didapat dari APBD Kota Dumai Tahun Anggaran 2024.

(Eliwaty)

Berita Lainnya

Index