Pangdam I/BB Tinjau Pos Pengamatan Sinabung

Pangdam I/BB Tinjau Pos  Pengamatan Sinabung
Pangdam I/BB Edy Rahmayadi

Medan, PAB-Online
Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi meninjau langsung lokasi pemantauan pos gunung api sinabung di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dalam kunjungan tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi didampingi Pejabat Kodam dan Bupati Karo Terkelin sempat berbincang dengan petugas pemantau gunung api Sinabung, Armen.

Bahkan saat melakukan pemantauan berlangsung Pangdam I/BB, melihat langsung erupsi dari Gunung Sinabung. Kepada wartawan, Pangdam I/BB menegaskan telah melakukan evakuasi radius 5 KM.
Ditegaskanya, kita telah berkordinasi dengan pihak pemerintah kabupaten untuk secepatnya melakukan evakuasi kepada penduduk mengingat terus meningkatkan intensitas gunung sinabung pada saat ini. Begitu pula personil TNI yang saat ini telah siaga untuk melakukan evakuasi serta pengaman terhadap rumah-rumah yang ditinggalkan warga.

Ditegaskan Pangdam, bahwa pihak Kodam I/BB telah menyelesaikan pembangunan 112 rumah dari 370 rumah bagi korban erupsi sinabung.
Pangdam juga menghimbau agar warga yang bermukim diradius 3-5 KM agar segera mengungsi ketempat yang lebih aman. Karena menurutnya, letusan gunung sinabung sewaktu-waktu bisa saja terjadi, bila dilihat dari tingginya frekuensi. Dalam kunjungan kerja tersebut, Pangdam I/BB bersama Artha Graha Peduli memberikan bantuan kepada warga yang mengungsi di empat desa yang berada di empat kecamatan dikawasan Kabupaten Karo.

Adapun bantuan yang diberikan dikawasan di Desa Batu Karang Kecamatan Payung, Desa Surbakti Kecamatan Simpang empat, Desa Tongkoh Kecamatan Dolat Rakyat  dan pembangunan jembatan Perbaji Kecamatan Tiga Nerket.(f hariyanto)
 

Berita Lainnya

Index