Peringati HANI, Komjen Marthinus Hukom Musnahkan BB Narkoba

Peringati HANI, Komjen Marthinus Hukom Musnahkan BB Narkoba

DUMAI, (PAB) -----

Peringatan Hari Anti Narkotika Nasional (HANI)  yang diperingati setiap 28 Jun, BNN RI adakan Deklarasi "Indonesia Emas, Indonesia Maju dan Indonesia yang Bersih Narkoba (Bersinar)" dan pemusnahan BB Narkoba, bersama Kementerian/Lembaga, Kepala BNN Provinsi se-Indonesia dan BNN Kabupaten/Kota se-Indonesia dan instansi dan OPD terkait, Senin (24/6/2024), di Taman Bukit Gelanggang (TBG) Kota Dumai. Acara berjalan secara offline dan online, terhubung ke 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

Kepala BNN RI, Komjen (Pol) Marthinus Hukom, S.I.K., M.Si., bersama Ibu Rita Marthinus Hukom didampingi Kepala BNN Riau Brigjen (Pol) Robinson D.P. Siregar hadir langsung di TBG.

Dalam giat, beberapa elemen masyarakat Dumai deklarasikan komitmen bersama tentang sikap masyarakat pesisir Riau (Dumai) dan masyarakat perbatasan negara Indonesia yang anti narkoba.

"Narkoba merupakan bahaya ekstra ordinary crime bagi bangsa Indonesia. Mari seluruh unsur bangsa bersatu padu dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba," ajak Komjen (Pol) Marthinus Hukom, S.I.K., M.Si., via mimbar TBG.

Usai deklarasi bersama, Marthinus Hukom bersama pejabat undangan lakukan pemusnahan BB Narkoba yang telah berkekuatan hukum tetap periode April-Juni 2024, tangkapan BNN RI bersama TNI, Polri,  Ditjen Bea dan Cukai dan Ditjen Pemasyarakatan.

Adapun BB total Narkoba yang disita se-Indonesia berupa 112.823,29 gram sabu, 806.114,80 gram ganja, 457,25 gram ganja sintetik, 3.125,26 gram dan 11.531 butir ekstasi, berasal dari pengungkapan 128 tindak pidana kasus narkoba melibatkan 220 tersangka. Dari penyitaan tersebut, BNN RI telah menyelamatkan 640.234 jiwa dari ancaman bahaya narkoba dan kerugian sosial ekonomi.

Sesuai UU No.35 Tahun 2009, tentang Narkoba, BNN RI memiliki kewajiban memusnahkan BB narkoba.

BB Narkoba yang dimusnahkan di TBG berupa 56.911,79 gram sabu, 41.529,66 ml sabu cair, 652.296,40 gram ganja, 6.460 butir ekstasi.

Giat yang pertama sekali diadakan dalam sejarah Kota Idaman tersebut dimeriahkan dengan pembagian hadiah bagi setiap peserta (pelajar) yang bisa menjawab kuis.

Turut hadir dalam kegiatan Sekretaris Utama BNN RI Tantan Sulistyana, S.H., S.I.K., M.Si., Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN RI Irjen pol Drs Heri Maryadi, MM., Deputi Pencegahan BNN RI Irjen Pol Dr Richard M. Nainggolan, Deputi Pemberantasan BNN RI Irjen Pol Drs I Wayan Sugiri (Deputi Bidang Pemberantasan terdiri atas; Direktorat Intelijen, Direktorat Narkotika,
Direktorat Psikotropika dan Prekursor, 
Direktorat Tindak Pidana Pencucian Uang, 
Direktorat Interdiksi, Direktorat Penindakan dan Pengejaran dan Direktorat Pengawasan Tahanan dan Barang Bukti), Deputi Hukum dan Kerjasama BNN RI Irjen Pol Agus Irianto, Inspektur Utama BNN RI Drs. Wahyono, M.H., CFrA., CGCAE., Direktur Advokasi BNN RI Brigjen (Pol) Jafri Edi, Kapolda Riau, Direktur Narkoba Polda Riau, Walikota Dumai H Paisal, SKM., MARS., Kepala BNNK Dumai AKBP Boni Facius Siregar, Forkopimda Dumai dan Pengurus LAMR-Dumai.


(Eliwaty

Berita Lainnya

Index