Banjir Bandang Jalur Padang - Bukit Tinggi Lumpuh Total

Banjir Bandang Jalur Padang - Bukit Tinggi Lumpuh Total

SUMBAR I PAB I---Jalur nasional Padang-Bukittinggi, tepatnya di Lembah Anai putus total, Minggu (12/5/2024). 

Jalan di jalur tersebut diterjang banjir bandang pada Sabtu, (11/5/2024) malam.

Kapolres Padang Pariaman, AKBP. Ahmad Faisol mengatakan, jalan Lembah Anai tidak dapat dilalui kendaraan. Sebab jalan mengalami terban parah. Separuh badan jalan amblas tidak bisa lagi dilalui kendaraan.

 “Jalan di Lembah Anai terputus, tidak bisa lagi diakses. Saya harap masyarakat dari Padang yang hendak ke Bukitinggi atau sebaliknya tidak melewati jalur ini,” ucapnya.

Banjir bandang lahar dingin di kawasan Lembah Anai juga menerjang pemandian Mega Mendung yang tepat berada di tepi aliran sungai. Begitupula kafe ataupun kedai yang berada di sempadan sungai.

Ahmad Faisol menyarankan, pengguna jalan dari Padang ke Bukittinggi atau sebaliknya, mengambil jalur alternatif melewati Kabupaten Solok melalui Singkarak. Selain itu bisa melalui jalur Kelok 44, Kabupaten Agam.

Namun masyarakat disarankan tidak melewati jalur alternatif Sicincin-Malalak karena juga mengalami longsor. Jalan provinsi dimaksud tertimbun material longsor setinggi 4 meter, tepatnya di Jorong Limo Badak, Nagari atau Desa Malalak Timur, Kabupaten Agam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Budi Perwira Negara mengatakan, material longsor menutupi akses jalan sepanjang 12 meter. “Pembersihan masih dilakukan oleh personel di lapangan,”pungkasnya.(***)

Berita Lainnya

Index